Perancangan Aplikasi Undangan Pernikan Online Berbasis Mobile Menggunakan Flutter

Agus Sevtiana, Fani Cahyadi, Apriansyah Setiawan

Abstract


Abstrak

Pernikahan adalah sebuah upacara penyampaian ikatan janji antara dua orang berbeda gender, yakni pria dan wanita. Pernikahan identik dengan pesta dan mengumpulkan banyak orang. Selama ini informasi pernikahan hanya menggunakan undangan pernikahan berbentuk kertas yang ditunjukkan kepada orang yang diundang. Dalam undangan tersebut terdapat nama pengantin laki-laki dan nama pengantin perempuan. Selain itu juga terdapat waktu acara pernikahan dan tempat acara pernikahan. Di Era yang serba digital ini kami memiliki tujuan untuk mengembangkan undangan pernikahan dengan menggunakan aplikasi berbasis digital mobile dengan menggunakan flutter. Dan sebenarnya perusahaan sudah memiliki sebuah produk undangan digital yang dinamakan hoofey. Namun sistem yang ada dikeluhkan oleh customer dikarenakan pengelolaan tamu yang masih manual dan perubahan data masih harus melalui website. Yang menyebabkan customer kesulitan untuk memaintance acaranya.  Maka dari itu kami membuat pengembangan sistem aplikasi undangan pernikahan berbasis digital mobile dengan menggunakan flutter yang bertujuan untuk membudahkan para cutomer dalam mengakses undangan, dapat merubah atau mengedit udangan lebih mudah, lebih mudah melakukan pengelolaan kehadiran tamu, dan memudahkan penyebaran undangan pernikahan digital. Bahasa Pemograman yang akan membantu dalam pembuatan aplikasi berbasis mobile ada HTML , PHP , CSS, bahasa C, termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python.

Keyword : Pernikahan, Undangan, Mobile, Flutter


Full Text:

PDF

References


A.S Rosa , dan M.Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Lee, V., Schneider, H., & Schell, R., 2004. Mobile Applications: Architecture, Design, and Development. New Jersey, USA: Prentice Hall PTR Upper Saddle River.

Sri Mulyani. , 2016, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Bandung : Abdi

Turban, E., 2012. Electronic Commerce 2012 Global Edition (7th ed.). USA: Pearson Higher Ed USA.

Turban, E., 2012. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Arnhold, M., Quade, M., & Kirch, W., 2014. Mobile Applications for Diabetics: A Systematic Review and Expert-Based Usability Evaluation Considering the Special Requirements of Diabetes Patients Age 50 Years or Older. Journal Of Medical Internet Research , 16 (4), 1-18.

Elsa Erlistia, 2018. Perancangan Desain Web Dan Instagram Undangan Pernikahan “Anytime Wedding Invitation”, Jurnal Seni Rupa dan Desain Vol. 21, No. 1.

Harrison, R., Flood, D., & Duce, D., 2013. Usability of mobile applications: literature review and rationale for a new usability model. Interaction Science , 1-16.

Hartanto, 2018. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Pendek Undangan Melalui Metode Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas Ix E Semester 1 Smp Negeri 7 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Edunomika – Vol. 02, No. 01.

Trisnato, P. Y., & Lala, H., 2016. Perancangan Sistem Informasi Laboratorium Komputer Pada Program Studi D-III PMIK Poltekkes, 2152–2157.

Wang, H.-Y., Liao, C., & Yang, L.-H., 2013. What Affects Mobile Application Use? The Roles of Consumption Values. International Journal of Marketing Studies , 5 (2), 11- 22.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi