Design UI / UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma

Imelda Angelica, Chairun Nas

Abstract


Abstrak

Dimskuy merupakan usaha kuliner yang terletak di Kota Cirebon yang penjualan produknya hanya tersedia secara offline. Berdasarkan hal tersebut, peneliti membuat design UI / UX prototype aplikasi pemesanan produk Dimskuy berbasis mobile dengan menggunakan Figma. Penelitian  ini bertujuan untuk menghasilkan konsep alur proses dalam pemesanan produk Dimskuy, menghasilkan design yang menarik dan menerapkan hasil design ke dalam prototype. Dengan adanya design prototype ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam pembangunan aplikasi yang dapat mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan produk Dimskuy. Metode penelitian yang dipakai yaitu dengan melakukan wawancara dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Dari data tersebut menghasilkan user persona, user flow, information architecture dan atom. Setelah data telah dianalisa, bisa dilakukannya perancangan wireframe yang menjadi dasar dalam pembuatan design UI / UX prototype. Wireframe ini merupakan sketsa kasar yang bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan user interface. Adapun hasilnya adalah dihasilkannya konsep alur proses pemesanan produk Dimskuy berbasis mobile, design yang menarik berdasarkan alur proses pemesanan produk Dimskuy berbasis mobile dan diterapkannya hasil design ke dalam prototype dengan menggunakan Figma. Design prototype yang dihasilkan sudah melewati tahap pengujian dan 82,6% pengguna berhasil menyelesaikan task sesuai dengan alur prototype yang telah ditentukan untuk task dari halaman awal / pengenalan aplikasi, sign up, login hingga menuju ke beranda

Keyword : Dimskuy, UI/UX Design, Prototype, Mobile, Figma


Full Text:

PDF

References


Anggara, Dimas Ari, Wahyudi Harianto dan Abdul Aziz. Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean UX. Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri. 2021; 4(1).

Gautama Nyoman Maruta, Hendra Santosa dan I Wayan Swandi. Pemanfaatan Warna Pada Poster Buku Cerita Bergambar Sejarah Pura Pulaki. Jurnal Desain. 2019; 7(1).

Monica dan Laura Christina Luzar. Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Jurnal Humaniora. 2011; 2(2).

Muhyidin, M. Agus, Muhammad Afif Sulhan dan Agus Sevtiana. Perancangan UI/UX Aplikasi MyCIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit. 2020;10(2).

Pramudita, Rully dkk. Penggunaan Aplikasi Figma dalam Membangun UI/UX yang Interaktif pada Program Stiudi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian. 2021; 3(1).

Puspita, Rani. Pengembangan Prototipe Aplikasi Community Aggregator Beskem dengan Pendekatan UCD Menggunakan Balsamiq Mockup dan Figma. 2020.

Surahman, Surawijaya dan Eko Budi Setiawan. Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal Ultima. 2017; 8(1).

Susilo, Edi, F. Danang Wijaya dan Rudy Hartanto. Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Apllication. Jurnal JNTETI. 2018; 7(2).

Syafti Muhammad. Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Pemesanan Dekorasi Pernikahan Pada UKM MNDECORATION Menggunakan Metode Lean UX. 2021.

Valentino, Dion Eko. Pengantar Tipografi. Jurnal Teknologi dan Komunikasi. 2019; 6(2).




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i1.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi