Aplikasi Berbasis Komputer perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Perhitungan Harga Jual (Studi Kasus : Mantera Rattan Legacy)

Fhitriya Fhitriya, Muhammad Hatta, Lena Magdalena

Abstract


Penentuan harga pokok produksi merupakan hal yang sangat penting mengingat manfaat informasi harga pokok produksi adalah menentukan harga jual. Full costing merupakan metode pentuan (HPP) yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik baik yang berperilaku variabel maupun tetap..Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menghitung harga pokok produksi menggunakan metode full costing sebagai penententuan harga jual.Penelitian ini dilakukan pada Mantera Rattan Legacy yaitu perusahaan yang memproduksi hasil kerajinan rotan dan furniture. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yaitu berupa analisis dan data biaya produksi, sumber data yaitu data primer hasil wawancara.Metode pengujian yang digunakan untuk implementasi sistem adalah metode black Box. Keuntungan yang di dapat dengan menggunakan  metode full costing yaitu sebesar Rp. 238.186 rupiah dengan harga jual sebesar Rp.999.000 rupiah dan total biaya produksi sebesar Rp.760.814 rupiah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi sebagai dasar penentuan harga jual menurut metode full costing lebih baik dalam menganalisis biaya produksi, hal ini disebabkan perhitungan harga pokok produksi dengan metode full costing, tidak memasukkan biaya administrasi dan umum ke dalam biaya overhead, karena biaya-biaya tersebut merupakan komponen biaya pada laporan rugi laba perusahaan.

Kata Kunci : harga pokok, produksi, full costing, harga jual;


Full Text:

PDF

References


Belkaoui, Ahmed Riahi,Teori Akuntansi. Buku 1, Edisi kelima, Jakarta:Salemba Empat,2016.

Bustami Bastian dan Nurlela,.Akuntansi Biaya,edisi I,Mitra Wacana,Media, Jakarta,2009.

Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi 5,Yogyakarta: UPP-STIM YKPN, 2015.

Roger S. Pressman, P. D, Software Engineering A Practitioner’s Approach ,7th Editio,. (McGraw-Hill, Ed.), New York: Raghothaman Srinivasan, 2010.

Supriono,Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penetuan Harga Pokok, Edisi kedua, Cetakan kelima belas, BPFE.Yogyakarta,2011.

Witjaksono. Armanto, Akuntansi Biaya, Edisi Pertama, Penerbit Graham Ilmu,Yogyakarta, 2006.

angelica I. and Nas C. Design UI / UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma. Jurnal Manajemen Sistem Infromasi. 2023; 1(1): 22-26. E-ISSN 2987-0364




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi