Analisis Sentimen Mahasiswa Dengan Dosen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Pada Kuesioner Dosen

Tri Vena Meiyanti, Muhammad Hatta, Agus Sevtiana

Abstract


Penilaian dosen di Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC) dilakukan setiap akhir semester. Penilaian ini bertujuan untuk untuk mengevaluasi hasil pengajaran yang telah dilakukan selama satu semester. Dari hasil kuesioner yang telah dilakukan dapat dilihat kualitas dari setiap pengajar yang ada karena kualitas pengajaran dan standarisasi akademik perlu dilakukan evaluasi dan ditingkatkan setiap saat supaya dapat menghasilkan mahasiswa yang berkualitas. Permasalahan yang biasa terjadi adalah kesulitan dalam penafsiran sentimen yang berbeda antara dosen dengan yang dimaksudkan oleh mahasiswa. Dengan demikian, untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan mengklasifikasikan hasil dari tanggapan atau penafsiran Mahasiswa terhadap pengajaran Dosen menggunakan metode Naïve Bayes Classifier dimana hasil kategori pengklasifikasian dibagi menjadi tiga bentuk sentimen yaitu positif, negatif dan netral. Metode naïve bayes classifier adalah metode yang berdasarkan probabilitas dan teorema bayesian. Metode ini digunakan untuk mengklasifikasikan hasil data kuesioner dosen yang dituliskan oleh mahasiswa terhadap dosen sehingga menghasilkan klasifikasi secara otomatis yang diinginkan. Perancangan Sistem ini  ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan perangkat lunak MySql sebagai media penyimpanan, untuk rancangan sistem terkomputerisasi disusun mengunakan Unified Modeling Language (UML).Dengan adanya analisis kuesioner dosen ini diharapkan dapat lebih mempermudah dosen dalam menafsirkan komentar mahasiswa pada setiap dosen dalam mata kuliah yang diajarkan. Hasil implementasi dari penelitian ini adalah berupa laporan analisis yang telah dilakukan proses klasifikasi dan perhitungan probabilitas dengan metode naïve bayes classifier yang dibagi menjadi 3 analisis sentimen yaitu positif, negatif dan netral.

Kata Kunci : Analisa Sentimen, Klasifikasi, Naïve Bayes Classifier, Kuesioner, Dosen


Full Text:

PDF

References


Andini, S. (2013). Klasifikasi Dokument Teks Menggunakan Algoritma Naive Bayes Dengan Bahasa Pemograman Java. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 6(2), 140-147.

Fadlil, A. (2018). Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Pada Angket Mahasiswa. Saintekbu, 10(2), 1-9.

Herianto, H., & Fitriana, G. (2017). Sistem Untuk Menganalisa Feedback Mahasiswa Terhadap Proses Perkuliahan Dengan Metoda Naïve Bayes Classiffier. Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(2), 20-29.

Masudia, P. E. (2015). Klasifikasi Tugas Akhir Untuk Menentukan Dosen Pembimbing Menggunakan Naïve Bayes Classifier (NBC). SENTIA 2015, 7(2).

Oktasari, L., Chrisnanto, Y. H., & Yuniarti, R. (2016). Text Mining Dalam Analisis Sentimen Asuransi Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).

Sari, D. W. (2018). Implementasi Natural Language Processing Pada Chatbot Peribahasa Indonesia.

Sevtiana A., Cahyadi F. and Setiawan A. Perancangan Aplikasi Undangan Pernikan Online Berbasis Mobile Menggunakan Flutter. Jurnal Manajemen Sistem Infromasi. 2023; 1(1): 12-15. E-ISSN 2987-0364




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi