Penerapan Metode Apriori Untuk Menentukan Rekomendasi Produk Cross Selling Pada Sistem E-Commerce

Ucu Wardani Oktriana, Lena Magdalena, Muhammad Hatta, Muhammad Afif Sulhan

Abstract


Penerapan teknologi e-commerce merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut perusahaan dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line yang berupa e-commerce. CV. Dua Putera Mandiri yang telah memasuki industri ini akan menghadapi berbagai masalah dalam mengembangkan perusahaannya karena meningkatnya jumlah produsen baru. Dengan menerapkan metode market basket analysis menggunakan algoritma apriori pada pembuatan sistem cross selling  produk maka akan didapatkan hasil rekomendasi produk yang dapat ditawarkan kepada konsumen secara bersamaan dalam satu waktu yang dilihat dari perhitungan pola transaksi. Sehingga CV. Dua Putera Mandiri dapat mengetahui kombinasi produk yang sering dibeli oleh konsumen. Untuk perancangan sistem ini menggunakan bahasa PHP (Hypertext Prepocessor) dan perangkat lunak MySql sebagai media penyimpanan, untuk rancangan sistem terkomputerisasi disusun dalam Use Case, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram. Diharapkan dengan penerapan strategi cross selling  pada sistem penjualan online (e-commerce) ini CV. Dua Putera Mandiri dapat memperoleh kenaikan omzet yang signifikan dan mampu meningkatkan daya saing di pangsa pasar.

Kata Kunci: E-Commerce, Cross Selling, Apriori, Sistem, Penjualan;


Full Text:

PDF

References


“Badan Pusat Statistik Kabupaten Cirebon,” 2020. https://cirebonkab.bps.go.id/statictable/2020/01/09/79/jumlah-perusahaan-industri-menurut-jenis-komoditi-unggulan-di-kabupaten-cirebon-unit-2015-2018.html (diakses Apr 04, 2020).

Fathoni., “Perancangan Aplikasi Penjualan Pengrajin Songket Palembang Dengan Penerapan Strategi Cross Selling Dan Up Selling Berbasis Online,” Sist. J. Sist. Inf. Vol 8 No 1 2019 Sist. J. Sist. InformasiDO - 1032520stmsiv8i1426, Jan 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id/index.php/stmsi/article/view/426.

S. Sholikin, “Algoritma Fp-Growth Dalam Teknik Market Basket Analysis Sparepart Komputer Pada Jasa Servis Komputer (Studi Kasus: Cv. Karya Computer Center),” Pelita Inform. Inf. Dan Inform., vol. 8, no. 2, hlm. 597–602, 2019.

Z. Wardah, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: PT. Pesona Ceria Travel),” 2018.

L. Magdalena, C. Anwar, dan E. S. Mosory, “Sistem Order Pemesanan Atas Produk Ready To Drink Kalbe Farma Pada Pt. Enseval Putra Megatrading Cirebon,” J. Digit, vol. 5, no. 1, 2017.

O. Veza, “Perancangan E-commerce Untuk Memperluas Produk Komunikasi di PT. Golden Communication Berbasis Web Mobile,” J. Tek. Ibnu Sina JT-IBSI, vol. 4, no. 1, 2019.

T. N. Rochmah dan M. A. Faradisa, “Cross Selling Implementation From Outpatient Unit to Radiology Unit in Semen Gresik Hospital,” J. Adm. Kesehat. Indones., vol. 1, no. 3, hlm. 3835.

G. Gunadi dan D. I. Sensuse, “Penerapan metode data mining market basket analysis terhadap data penjualan produk buku dengan menggunakan algoritma apriori dan frequent pattern growth (fp-growth): studi kasus percetakan pt. Gramedia,” Telematika MKOM, vol. 4, no. 1, hlm. 118–132, 2016.

F. A. Priyana dan A. Kardianawati, “Data Mining Asosiasi Untuk Menentukan Cross-Selling Produk Menggunakan Algoritma Frequent Pattern-Growth Pada Koperasi Karyawan PT. Phapros Semarang,” Phapros Semarang Sist. Inf. Yang Terkomputerisasi Organ. Dalam Mengumpulkan Berbagai Data Dalam Suatu Basis Data Ilmu Komput., hlm. 1–7, 2015.

D. Fitrianah dan A. Hodijah, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Memperoleh Association Rule Antar Itemset Berdasarkan Periode Penjualan Dalam Satu Transaksi,” hlm. 11.

Nas C. Data Mining Prediksi Minat Calon Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Manajemen Informatika. 2021; 11(2): 131-145. E-ISSN 2655-6960




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi