Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Toko Pakaian Anak Amanda Fashion

Dea Ananda Pratiwi

Abstract


Perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat pesat mendapatkan respon positif dari masyarakat. Salah satu media informasi yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yaitu internet. Digital marketing telah menjadi perubahan paradigma dalam industri fashion dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di era digitalisasi. Era ini telah memaksa industri fashion dan UMKM untuk merumuskan ulang strategi pemasaran mereka, dengan penekanan yang lebih besar pada penggunaan platform digital sebagai alat utama untuk mencapai pelanggan. Penelitian ini mengeksplorasi peran yang dimainkan oleh digital marketing dalam membentuk ulang industri fashion dan mendukung pertumbuhan UMKM. Kami menganalisis bagaimana penggunaan media sosial, e-commerce, dan teknologi digital lainnya telah memungkinkan para pelaku bisnis fashion untuk menjalankan kampanye pemasaran yang lebih personal, berinteraksi secara lebih langsung dengan pelanggan, dan mengoptimalkan proses penjualan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM dalam industri fashion yang memanfaatkan strategi digital marketing dengan bijak telah mampu memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang perubahan dramatis dalam pemasaran fashion di era digital dan memberikan panduan praktis bagi UMKM fashion yang ingin memanfaatkan potensi penuh digital marketing untuk memperkuat merek mereka, menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan mengukuhkan posisi mereka dalam industri yang terus berubah.

Full Text:

PDF

References


S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi KaHandayani, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(2), 182–189. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i2.310,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.

D. Sasongko, I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. Sinta, and P. E. Allafa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung,” vol. 6, no. 2, 2020.

D. N. Hartanti, Lestari. Dewi Puji, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Promosi Penjualan Terhadap Implusive Buying Produk Di Cordy Butik Bandar Lampung,” Keuang. dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 377–384, 2022, [Online]. Available: http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka

Y. G. Nengsih, U. I. Medan, S. Utara, C. Diagram, S. Diagram, and A. Diagram, “Sistem informasi penjualan jilbab pada toko karunia bukittinggi dengan bahasa pemrograman php dan mysql,” pp. 21–28.

H. N. Putra, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” Sink. J. dan Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 67–77, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/130

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i1.1052.

M Teguh Prihandoyo, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

M. Hayaty and D. Meylasari, “Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 295–300, 2018, doi: 10.31294/ji.v5i2.4027.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i3.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi