Aplikasi Pencatatan Akuntansi Kas Kecil Metode Fluctuating Fund Berbasis Web Pada CVAuto Kool Prima Cirebon

Evi Alvionita Simangunsong, Suwandi Suwandi, Muhammad Hatta

Abstract


Seringkali manusia melupakan suatu hal yang penting contohnya bukti transaksi, padahal bukti transaksi sangatlah penting bagi perusahaan karena bukti transaksi merupakan dokumen awal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah laporan keuangan, dalam hal ini laporan kas kecil. Pengelolaan kas kecil yang baik juga dibutuhkan oleh perusahaan karena dapat membantu perusahaan dalam memanage keuangannya secara tertata dan menghindari terjadinya kesalahan dalam pengalokasian keuangan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fluctuating fund. Maksud dari metode ini adalah saldo dari setiap pengisian kas kecil selalu berubah,sehingga tidak ada ketetapan dalam pengisian saldo kas kecil dengan metode ini. Aplikasi pencatatan akuntansi kas kecil metode fluctuating fund berbasis web pada CV Auto Kool Prima memperhatikan muatan pekerjaan seorang user dan penggunaan macam-macam dokumen agar tidak terlalu banyak, sehingga tidak mempersulit seorang user dalam pelaksanaan pelaporan kas kecil. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi dana kas kecil menggunakan metode fluctuating fund yang dapat memudahkan bagian kasir dalam melakukan pengelolaan dana kas kecil.

Full Text:

PDF

References


Amilin. (2015). Cash Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Asset, Firm Size, Growth dan Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan.

Elder, J., Beasley, S., Arens, A., & Jusuf A.B. (2010). “Jasa Audit Dan Assurance”. Jakarta : Salemba Empat.

Marshall Romney, Paul Steinbart, Joseph Mula, Ray McNamara, Trevor Tonkin. (2018). Accounting Information Systems Australasian Edition. Pearson Higher Education AU.

Priyanti. (2022). Implementasi sistem keuangan desa dalam transparansi pengelolaan Alokasi Dana Desa di Desa Bulak Kabupaten Indramayu. Journal of Government Science.

R. Mulyadi. (2016). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi : Kajian Ilmiah Akuntansi, Vol 5 No.1 .

Sunarno Sastroatmodjo, Eddy Purnairawan. (2021). Pengantar Akuntansi. Media Sains Indonesia.

T. Sutabri. (2012). Analisis Sistem Informasi. Andi.

Suwandi, C. Nas and Noviyanti. K. Accounting Information System for Room Rental Income Trends Using the Common Size Method at Grand Dian Boutique Hotel Cirebon. International Journal of Trends in Accounting Research. 2022; 3(1): 9-15.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i3.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi