Sistem Informasi Pencatatan Biaya Perjalanan Dinas Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Cirebon

Ibnu Hadi, Lena Magdalena, Turini Turini

Abstract


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon sebagai salah satu unit eselon III Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) berada di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Barat, saat ini menempati kantor sendiri berlantai 2 yang beralamat di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Nomor 48 Cirebon, Jawa Barat. Letaknya yang strategis di tengah kota menjadi nilai lebih dalam menunjang pemberian pelayanan pengguna jasa. Dalam proses biaya perjalanan dinas pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon ini dilakukan pengajuannya secara manual sehingga proses memerlukan waktu yang terlalu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah sistem informasi biaya perjalanan dinas pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi biaya perjalanan dinas ini dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang tiap masing-masing memiliki data sekunder dan data primer didalamnya. Alat perancangan sistem dengan model proses flowchart, flowmap, diagram konteks, data flow diagram, model data yang digunakan, entitiy relationship diagram. Metode bahasa aplikasi pemrograman adalah menggunakan database didalamnya yaitu PHP dan MYSQL dan metode perancangan aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan metode waterfall. Sistem Informasi Biaya Perjalanan Dinas pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Cirebon meliputi Biaya Perjalanan Dinas dan menggunakan metode waterfall. Dengan adanya Sistem Informasi Biaya Perjalanan Dinas yang dibuata secara sistem menghasilkan solusi berupa, Laporan Nota Dinas, Laporan Surat Perjalanan Dinas, Laporan Surat Tugas, Laporan Pelaksanaan, Laporan Pencairan Biaya Perjalanan Dinas.

Full Text:

PDF

References


Abdulloh Rohi., 2018. 7 In 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Andrianof, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Promosi dan Penjualan Pada Toko Ruminansia berbasis Web. Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(1), 11-19. Retrieved from.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja. Jurnal Intra-Tech, 2, 12-26.

Dayanti, A. R., Suwandi, S., Asfi, M., & Lestari, W. J. (2021). Aplikasi Pencatatan Piutang Menggunakan Metode Posting Langsung Pada Jne Pilang El 88 Cirebon. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 11(2), 212-219.

Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. (2018). E-Report Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Explore: Jurnal

Sistem Informasi Dan Telematika, 9(1), 5–10.

Erawati, W. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(1), 1–8.

Joko Suntoro. (2019). Data Mining : Algoritma dan Implementasi dengan Pemrograman PHP.

Jonny, Seah dan Muhammat Rasid Ridho. “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Untuk Alat Berat Berbasis Dekstop Pada CV Batam Jaya”. Jurnal Comasie, Vol. 3, Hal. 1-9, 2020.

Prehanto, Dedy Rahman. Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka. 2020

Rahmasari Tiara. 2019. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Pada Toserba Selamat Menggunakan Php Dan Mysql. Vol. 04 No. 01.2019.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v1i3.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi