Analisis Keberlanjutan dan Dampak Lingkungan pada Pengembangan RSUD Malingping: Evaluasi Efektivitas RKL, Peran RPL, dan Implementasi IMB

Risda Choirunisa, Rahardian Malik

Abstract


Perencanaan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL-RPL) merupakan inisiatif pemerintah dalam menangani sewa dan pengelolaan lingkungan hidup, termasuk di lingkungan rumah sakit. Tujuan utama dari rencana ini adalah pelaksanaan peraturan lingkungan hidup, pemeliharaan kualitas lingkungan, serta sebagai pedoman dalam mengelola dan memantau dampak yang mungkin timbul terhadap elemen lingkungan. Beberapa dampak negatif yang potensial di rumah sakit mencakup pencemaran lingkungan dari aktivitas beragam, seperti polusi udara, pencemaran air tanah, dan kontaminasi tanah. Untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, perlu perbaikan pada rencana pengelolaan lingkungan hidup di rumah sakit.

Kata Kunci : Pengelolaan, Lingkungan Hidup, Rumah Sakit, RKL, RPL


Full Text:

PDF

References


Azrul Anwar M.P.H., dr. 1990. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Penerbit Mutiara Sumber Widya. BPS, 2011. Kecamatan Teluk Naga Dalam Angka.

Bockris,J.O.M., 1977. Environmental Chemistry, Plemon Press, N.Y. and London. Bolt Barenechk Inc., 1973. Fundamentals and Abatemenof Highway Traffic Noise.

Budiraharjo, E. Ir. 1999. Metode-Metode AMDAL, Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Dalam Negeri.

Djajadiningrat, S. T dan Harry Harsono Amir, 1991, Penilaian Secara Cepat Sumber-sumber Pencemaran Air, Tanah dan Udara. Gajah Mada University Press.

Djajadiningrat, S. T. ed, 1990. Kualitas Lingkungan di Indonesia 1990. Kantor Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

Djuli Murtadho dan E. Gumbira Sa'id, 1987. Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Padat. Mediatama Sarana Perkasa Press.

Effendi, H., 2000. Telaahan Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB, Bogor.

Griffiths, R. F., 1982. Dealing with Risk: The Planning, Management and Acceptability of Technological Risk. A Halsted Press Book, John Wiley & Sons, New York.

Kasperson, R.E., etal., 1988. Corporate Management of Health and Safety Hazards: A Comparison of Current Practice. Westview Press, Inc., London. Water Environment Federation, 1994. Waste water Biology : The Life Process. Water Environment Federation, Alexandria.

Sabayang P, Muljadi, Budi P (1996). Konstruksi dan Evaluasi Insinerator untuk Limbah Padat Rumah Sakit. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan Bandung : Pusat Penelitian dan Pengembangan Fisika Terapan

Sawyer, et. al, 1994. Chemistry for Environmental Engineering. Mc Graw-Hill, NewYork.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v2i1.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi