Aplikasi Pencatatan Akuntansi Kas Kecil Metode Imprest Fund Berbasis Web Pada CV. Auto Kool Prima Cirebon

Chairun Nas, Amroni Amroni, Jasmine Naidawimala

Abstract


CV. Auto Kool Prima merupakan sebuah car workshop yang memiliki banyak fasilitas jasa untuk kendaraan bermobil. Pada CV. Auto Kool Prima, sistem kas kecil yang berjalan masih berupa semi-komputerisasi, dimana pengajuan dan pencatatannya masih dilakukan secara manual, sedangkan untuk pembuatan jurnal menggunakan aplikasi pengelola angka Ms. Excel. Tugas Akhir ini merupakan pembuatan rancangan aplikasi berbasis web pada sistem pencatatan akuntansi kas kecil di CV. Auto Kool Prima Cirebon dengan menerapkan metode imprest fund dalam sistemnya. Proyek ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan rancangan aplikasi berbasis web demi membentuk sistem pencatatan akuntansi kas kecil pada CV. Auto Kool Prima yang terkomputerisasi dan lebih terstruktur.Penelitian ini dibuat dengan menerapkan metode imprest fund dalam pengimplementasian sistemnya. Penelitian yang dilakukan demi keberhasilan proyek ini yaitu dimulai dari proses penentuan objek, pengobservasian, percobaan, hingga sampai ke perancangan sistem. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data adalah penelitian lapangan (field research) yang menghasilkan sumber data yang dicantumkan dalam analisa data, dan penelitian kepustakaan (library research) yang menghasilkan teori-teori yang dicantumkan pada landasan teori. Hasil dari pembuatan rancangan aplikasi berbasis web ini adalah sistem pencatatan akuntansi kas kecil yang telah terkomputerisasi secara keseluruhan. Berdasarkan hasil tersebut, maka sistem aplikasi berbasis web yang telah dirancang layak untuk diimplementasikan ke dalam bentuk aplikasi yang sesungguhnya untuk diterapkan dalam sistem kas kecil perusahaan ke depannya

Kata Kunci : Sistem, Perancangan, Aplikasi web, Kas kecil, Imprest fund


Full Text:

PDF

References


Suratno. “Pengaruh Pengakuan Pendapatan dan Beban Operasional Cash Basis dan Accrual Basis Terhadap Laba Rugi di RSUD Dr Soedirman Kebumen”, Jurnal Pendidikan Tambusai 06, no. 2 (2022): 8559.

Sastroatmodjo, Sunarno. (2021) Pengantar Akuntansi. Bandung: Media Sains Indonesia.

Hamizar. (2019) Intermediate Accounting. Cirebon: LP3i.

Yulisa, Shelly. “Sistem Pengendalian Internal Pengeluaran Dana Kas Kecil Dengan Imprest Fund System (Studi Kasus: PT. Inti Bharu Mas)”, Jurnal Ilmu Data 02, no. 6 (2022): 2.

Suwandi, S., Hatta, M., & Elvantonius, E. (2019). Implementasi Metode Imprest Fund Dalam Aplikasi Sistem Akuntansi Dana Kas Kecil Berbasis Web. Jurnal Soshum Insentif, 253-264.

Novendri, Muhammad. “Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai Menggunakan PHP dan MySQL”, Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi 10, no. 2 (2019): 47.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v2i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi