Perancangan Aplikasi Pencatatan Penjualan Barang Pada Pg Rajawali Ii Menggunakan Metode Accrual Basis Berbasis Web

Yuniar Suprihatin, Chairun Nas, Turini Turini

Abstract


PT Pabrik Gula Rajawali II atau biasa disingkat menjadi PG Rajawali II, merupakan bagian dari ID FOOD yang bergerak dibidang Agro Industri Tebu. Perusahaan ini kini mengoperasikan dua unit pabrik gula dan satu unit pabrik spirtus dan alkohol, satu unit pusat penelitian dan satu unit Apotek. Produk yang dimiliki Rajawali II yaitu gula, spirtus, alkohol dan tetes. Dalam pengelolaan data perusahaan sudah menggunakan sistem terkomputerisasi, tetapi meskipun sudah menggunakan sistem tersebut perusahaan ini masih meiliki kendala-kendala yang dihadapi pegawai, misalnya dalam proses pencatatan laporan penjualan dibutuhkan waktu yang lama dalam mencari daftar konsumen/pelanggan. Dari uraian tersebut diperlukan sistem pencatatan berbasis web untuk menangani permasalahan yang ada.Dalam penelitian ini penyusun menggunakan jenis penilitian deskriptif dengan studi kasus. Tahapan yang dilakukan adalah observasi berupa magang pada perusahaan selama satu bulan dan wawancara untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Penelitian ini menerapkan metode Accrual Basis pada pencatatan dalam rancangan sisremnya. Selanjutnya dalam analisis dan perancangan sistem menggunakan Flowchart, Flowmap, Diagram Konteks, DFD, dan ERD, Bahasa Pemograman yang digunakan adalah XAMPP, MySQL, PHP.Dari hasil rancangan sistem aplikasi yang penyusun buat, perancangan ini dapat mengatasi proses pencatatan sampai dengan pembuatan laporannya, perancangan ini dapat diterapkan di PG Rajawali II Cirebon karena telah sesuai dengan prosedur yang sedang berjalan.

Keyword : Sistem, Perancangan, Pencatatan, Pengelolaan data, Accrual basis.


Full Text:

PDF

References


Cucu Sumartini, Lilis, and Dini Fajriany Ardining Tias. 2019. “Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja.” Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis) 3(2):111–18. doi: 10.37339/e-bis.v3i2.124.

Jiping, Xie, Li Ruina, and Ding Haixia. 2020. “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android.” Analisa Dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android 4(3):2019–20.

Pramesti, Retno Widya. 2021. “Penerapan Metode Peramalan (Forecast) Penjualan Pada Dzikrayaat Business Center Ponorogo.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 10–27.

Santosa, Muhammad Hadi Saputra, and Arif Setiadi. 2019. “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Bel Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di SMA Unggul Sakti Jambi.” Jurnal Sains Dan Informatika 5(2):122–28.

Suratno. 2022. “Pengaruh Pengakuan Pendapatan Dan Beban Operasional Cash Basis Dan Accrual Basis Terhadap Laba Rugi Di RSUD Dr Soedirman Kebumen.” Jurnal Ilmiah … 6:7.

Widiastuti, N., and R. Panjaitan. 2022. “Sistem Informasi Penyewaan Kendaraan Menggunakan Accrual Basis Berbasis Vb. Net.” Jurnal Ilmiah … 1(2):8.

Suwandi, S. E. (2020). APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT PADA CV. RAJAWALI CITRA MANDIRI. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 202-209.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v2i1.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi