Analisis Minat Literasi Mahasiswa terhadap Kecerdasan Emosional Menggunakan Excel dan SPSS

Shavia Ainun Rizky

Abstract


Pengembangan literasi di perguruan tinggi tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mahasiswa, tetapi juga memperkuat kecerdasan emosional mereka dalam menghadapi tantangan akademik dan kehidupan nyata. Integrasi literasi dalam kurikulum memberikan landasan untuk pengembangan keterampilan analitis dan kritis yang mendalam, serta meningkatkan kesiapan mental mahasiswa dalam menghadapi dinamika masyarakat dan dunia kerja. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif dengan kuesioner untuk meneliti hubungan antara minat literasi mahasiswa dan kecerdasan emosional, melibatkan 30 partisipan dari berbagai jurusan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara minat literasi mahasiswa (X) dengan kecerdasan emosional mereka (Y), dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0.684 dan p-value yang sangat rendah (< 0.001). Regresi linear sederhana menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu unit dalam minat literasi berkontribusi pada peningkatan sebesar 0.449 unit dalam kecerdasan emosional. Model regresi juga signifikan secara statistik (F = 24.678,                 p < 0.001), dengan koefisien determinasi (R) sebesar 0.468, menunjukkan bahwa 46.8% variasi dalam kecerdasan emosional dapat dijelaskan oleh variabel minat literasi. Studi ini menunjukkan bahwa minat literasi mahasiswa secara signifikan berkontribusi terhadap perkembangan kecerdasan emosional mereka, dengan bukti kuat dari analisis regresi linear sederhana. Implikasi praktisnya menyarankan perlunya fokus lebih besar pada pengembangan literasi dalam kurikulum perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pengalaman belajar dan kesejahteraan emosional mahasiswa secara holistik. Kesimpulan ini menegaskan pentingnya integrasi literasi sebagai bagian integral dari pendidikan tinggi untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dalam dunia profesional dan personal yang kompleks.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Literasi, Kecerdasan, Emosional, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


V. Y. Agustina dan R. Ijuddin, “Analisis Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Lingkaran Di Sma Panca Setya Sintang,” Jurnal AlphaEuclidEdu, vol. 2, no. 2, p. 191, 2021.

R. Andriyani dan H. Wilujeng, “Analysis of Students’ Mathematical Literacy Abilities Is,” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, p. 20, 2022.

A. Z. Wahdah dan P. N. Malasari, “Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa?,” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), vol. 4, no. 2, pp. 123-138, 2022.

O. H. Bolstad, “Lower secondary students’ encounters with mathematical literacy,” Springer, vol. 35, no. 1, pp. 237-253, 2021.

T. Hidayat dan L. Marlena, “Analisis Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMAN Olahragawan Ragunan,” Journal Mathematics Education Sigma, vol. 20, pp. 48-54, 2023.

I. Jaya, “Analisis Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik MAN Wajo,” . In הא, 2022.

R. Kholifasari, C. Utami dan M. Mariyam, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar,” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 117-125, 2020.

H. Merdeka, H. Helma dan Y. Kurniawati, “Prediksi Persediaan Minyak Bumi Menggunakan Model Dinamis Distribusi Lag, Dinamis Autoregressive , dan Autoregressive Distribusi,” Journal of Mathematics UNP,, vol. 6, no. 1, pp. 24-30, 2021.

D. Nurjamil, A. Saepulloh dan E. Listyasari, “Literasi Matematis Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual,” Didactical Mathematics, vol. 3, no. 2, pp. 100-106, 2021.

S. Patimah, Analisis Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS, NW Pagutan, 2020.

S. H. Prayitno, “Analisis Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika Abad 21.,” Pedagogi Dalam Perspektif Multidisiplin, p. 171, 2020.

Rodhi, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi,” . Jurnal Profesi Keguruan, vol. 7, no. 2, pp. 167-177, 2021.

R. N. Farida dan S. R. Abd. Qohar, “Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship,” AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, pp. 335-344, 2021.

D. D. Samo, W. S. Dominikus dan D. S. Kerans, “Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah di Kabupaten Kupang,” Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 39-48, 2020.

N. Wardani, “Analisis Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X,” Nucleus, vol. 3, no. 2, pp. 155-161, 2022.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v3i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi