Antara Cheat dan AI: Studi Interaksi Manusia-Komputer terhadap Bot dalam Game Arena Breakout

Haris Pratama, Bhagaskara Cahyadi, Haikal Habibi Siregar

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi dinamika Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) antara pemain dan kecerdasan buatan (AI) dalam game Arena Breakout. Fokus utama penelitian adalah persepsi pemain terhadap bot AI bernama “Jackson” yang menunjukkan tingkat akurasi dan agresivitas tidak wajar sehingga sering disamakan dengan perilaku cheater. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa video killcam serta unggahan komunitas di TikTok dan Facebook. Hasil temuan menunjukkan bahwa perilaku bot Jackson memicu respons emosional dan budaya yang kuat dari komunitas, seperti meme, julukan, dan narasi kolektif. Fenomena ini bahkan direspon oleh pihak pengembang melalui konten resmi media sosial. Studi ini menunjukkan bahwa perilaku AI dalam game dapat memengaruhi pengalaman pemain dan kepercayaan terhadap sistem. Hasil penelitian menekankan pentingnya transparansi dan keseimbangan dalam desain AI di lingkungan digital interaktif.

Full Text:

PDF

References


Q. Y. Yin et al., “AI in Human-computer Gaming: Techniques, Challenges and Opportunities,” Mach. Intell. Res., vol. 20, no. 3, pp. 299–317, 2023, doi: 10.1007/s11633-022-1384-6.

T. Jiang, Z. Sun, S. Fu, and Y. Lv, “Human-AI interaction research agenda: A user-centered perspective,” Data Inf. Manag., vol. 8, no. 4, p. 100078, 2024, doi: 10.1016/j.dim.2024.100078.

S. Milani et al., “Navigates Like Me: Understanding How People Evaluate Human-Like AI in Video Games,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., 2023, doi: 10.1145/3544548.3581348.

L. A. Sparrow, R. Galwey, D. Jovic, T. Hardwick, and M. A. Butt, “Towards Ethical AI Moderation in Multiplayer Games,” Proc. ACM Human-Computer Interact., vol. 8, no. CHI PLAY, 2024, doi: 10.1145/3677109.

R. R. Sharma, “AI-Generated Video Games and Interactive Experiences,” vol. 14, no. 2, pp. 473–477, 2025, doi: 10.15662/IJAREEIE.2025.1402020.

A. Nash, A. Vardy, and D. Churchill, “Herd’s Eye View: Improving Game AI Agent Learning with Collaborative Perception,” Proc. - AAAI Artif. Intell. Interact. Digit. Entertain. Conf. AIIDE, vol. 19, no. 1, pp. 306–314, 2023, doi: 10.1609/aiide.v19i1.27526.

D. Melhart, J. Togelius, B. Mikkelsen, C. Holmgard, and G. N. Yannakakis, “The Ethics of AI in Games,” IEEE Trans. Affect. Comput., vol. 15, no. 1, pp. 79–92, 2024, doi: 10.1109/TAFFC.2023.3276425.

J. Zhu et al., “Player-ai interaction: What neural network games reveal about ai as play,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., 2021, doi: 10.1145/3411764.3445307.

J. Henry, “Prompting Fairness: Artificial Intelligence as Game Players,” 1999.

J. Camacho-Collados et al., “TweetNLP: Cutting-Edge Natural Language Processing for Social Media,” EMNLP 2022 - 2022 Conf. Empir. Methods Nat. Lang. Process. Proc. Demonstr. Sess., no. April 2022, pp. 38–49, 2022, doi: 10.18653/v1/2022.emnlp-demos.5.

R. J. Sahputra and A. Muzakir, “Penerapan AI Melalui Pendekatan Heuristik Semilaritas Pada Game Edukasi Anak Usia Dini,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 1, no. 4, pp. 209–219, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v1i4.547.

M. Jurnal, K. Ilmiah, J. R. Handayani, F. Ekonomi, P. A. Perkantoran, and U. Negeri, “Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) dan Media Quizizz Terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknologi Digital Pendidikan Perkantoran di Universitas Negeri Jakarta . pembelajaran yang relevan dengan era digitalisasi , yang mampu menarik minat mahasiswa berbasis teknologi di jenjang pendidikan tinggi . Intelligence ( AI ) dan Quizizz terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi,” 2025.

T. Troy, “Tinjauan Historis Kecerdasan Buatan Dalam Games,” J. Animat. Games Stud., vol. 1, no. 2, p. 137, 2015.

I. Colbert and M. Saeedi, “Human-Like Navigation Behavior: A Statistical Evaluation Framework,” arXiv, 2022.

S. Yfantidou, M. Constantinides, D. Spathis, A. Vakali, D. Quercia, and F. Kawsar, “The State of Algorithmic Fairness in Mobile Human-Computer Interaction,” Proc. 25th Int. Conf. Mob. Human-Computer Interact. MobileHCI 2023 Companion, 2023, doi: 10.1145/3565066.3608685.

Q. Y. Yin et al., “AI in Human-computer Gaming: Techniques, Challenges and Opportunities,” Mach. Intell. Res., vol. 20, no. 3, pp. 299–317, 2023, doi: 10.1007/s11633-022-1384-6.




DOI: https://doi.org/10.51920/jurminsi.v3i2.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Program Studi Manajemen Informatika
Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi (FTI)

Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurminsi@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurminsi