PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PENGGUNAAN TEETHER ALAMI UNTUK BAYI BERUSIA 6-8 BULAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN DRAJAT KOTA CIREBON)

Chintia Mega Kusuma, Nina Sofiyawati, Galih Mandala Putra, Yuni Awalaturrohmah Solihah

Abstract


Memberikan teether karet adalah pilihan sebagian besar ibu sebagai solusi instan pada saat bayi mulai tumbuh gigi pertamanya sekitar usia 6-8 bulan, namun ternyata terdapat bahaya yang mengintai dalam penggunaan teether karet. Pada hasil kuesioner 41 responden dari 50 responden, menjawab memberikan teether karet untuk bayi yang baru tumbuh gigi pertamannya. Teether karet akan berbahaya jika tidak rajin dicuci, sehingga akan menyababkan infeksi mulut atau sariawan hingga diare atau infeksi cerna. Karena itu beralih menggunakan teether alami adalah solusi tepat karena penggunaan teether alami lebih aman dan juga dapat menambah nutrisi pada bayi.Oleh karena itu perlu dibuat sebuah perancangan yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Perancangan yang dibuat adalah “Perancangan Media kampanye Sosial Penggunaan Teether Alami Untuk Bayi Berusia 6-8 Bulan (Studi Kasus Di Kelurahan Drajat Kota Cirebon). Metode yang digunakan penulis adalah metode kualitatif, dalam data primer penulis melakukan wawancara tidak langsung dengan seorang dokter melalui aplikasi SehatQ serta melakukan wawancara kepada orangtua bayi dan ketua rw harapan mulya 03, guna mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Strategi komunikasi serta konsep visual yang digunakan dalam perancangan kampanye sosial ini adalah informative, persuaisf, reminding yaitu memberikan informasi tentang teether alami dan mengajak orangtua atau wali bayi agar terbiasa membuat teether alami. Konsep visual sangat memerhatikan visual utama, layout, tipografi dan warna, software yang digunakan adalah berupa corel draw, 3d max dan power point. Dilakukannya hal ini bertujuan mengedukasi orangtua atau wali bayi mengenai pemberian teether yang tepat yaitu penggunaan teether alami untuk bayi yang baru tumbuh gigi pertamanya, melalui kampanye sosial dengan media utama berupa event dalam bentuk workshop, serta media pendukung kampanye seperti poster, x-banner, video commercial dan maket.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Grafis 
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133 Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 200 418
Website: https://jurnal.cic.ac.id - E-mail:jurnal.grafis@cic.ac.id