PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE ECO STRAW DARI PATI JAGUNG MENGGUNAKAN METODE PEMASARAN TERINTEGRASI

Nabilla Ayunissa Rachmaniar, Ine Rachmawati, A Sobi Mutohari, Kusnadi Kusnadi

Abstract


Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi bukan hanya karena manusia melakukan penebangan hutan, mengurangi lahan hijau dan membangun Gedung- gedung tinggi, tetapi juga pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah pencemaran yang berasal dari sedotan plastik. Berbagai komunitas telah melakukan kampanye pengurangan penggunaan produk sedotan plastik sekali pakai,  . Perancangan konten Instagram sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagaimana proses perancanganan hingga penempatan konten kreatif tersebut sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik kepada masyarakat. Penulis memakai metode pengumpulan data, kemudian metode analisis Integrated Marketing Communications (IMC) yang berisi analisis data SWOT menggunakan langkah analisis dengan mengkaji hal atau gagasan yang akan dinilai, dengan cara memilah dari segi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat). Kemudian menganalisis Unique Selling Proposition (USP), yaitu keunikan yang membedakan produk Sedotan pati jagung dari sedotan ramah lingkungan sejenis lainnya. Selanjutnya penulis melakukan perancangan media konten di instagram berupa infografis, video reels, poster dan X-banner.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/