PERANCANGAN MEDIA FLASHCARD POP-UP BERTEMAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI SEKITAR TK ALAM ISLAM TERPADU FAJAR SHIDIQ

Yuni Awalaturrohmah Solihah, Ine Rachmawati, Farel Rifqy Fairuz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat bantu pembelajaran berupa flashcardpop-up pengenalan hewan dan tumbuhan untuk TK Alam Islam Terpadu Fajar Shidiq di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Saat ini, media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar belum maksimal dalam mengenalkan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar anak-anak. Media pembelajaran yang tersedia lebih banyak mengulas jenis-jenis hewan dan tumbuhan di seluruh dunia, tanpa mempertimbangkan konteks lingkungan sekitar. Akibatnya, kemampuan murid dalam mengamati dan memahami hewan serta tumbuhan terbatas. Melalui penggunaan flashcardpop-up, diharapkan murid dapat lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran. Flashcard ini akan menampilkan ilustrasi hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mereka, termasuk tempat tinggal hewan dan jenis tumbuhan. Metode pembelajaran yang dipakai di TK Alam Islam Terpadu Fajar Shidiq adalah ceramah dan diskusi. Flashcardpop-up ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dengan cara membawa materi hewan dan tumbuhan yang menarik dan mudah dipahami oleh murid. Setelah itu, guru dapat melakukan diskusi dengan murid tentang hewan dan tumbuhan yang sedang dipelajari. Dengan penggunaan flashcardpop-up ini, diharapkan para guru dapat memberikan ilmu yang lebih maksimal dan memperluas pengetahuan murid tentang hewan dan tumbuhan di lingkungan terdekat. Flashcardpop-up akan menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi murid usia 4-6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pendidikan dan Budaya. (2013). Kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan anak usia dini

Kusnadi, K. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif: Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Mawardi, M. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26-40.

Ulfa, M. (2020). Peran Keluarga dalam konsep psikologi perkembangan anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 20-28.

Lubis, M. D. S., Sinaga, H. F. R. U., Batubara, A. D., Anggraini, E. M., & Saragih, F. S. (2020). Analisis desain grafis menggunakan teknologi komputer berbasis software CorelDraw. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 4(2), 89-99.

Hananto, B. A. (2020). Tinjauan tipografi dalam konteks industri 4.0. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 3, 132-139.

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses pada 1 Januari 2024, dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/