PERANCANGAN KONTEN DIGITAL SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON
Abstract
Di era perkembangan teknologi yang pesat, penggunaan konten digital sebagai sarana periklanan menjadi penting, terutama dalam kaitannya dengan lembaga pendidikan. Perancangan ini membahas tentang pengembangan media promosi SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon yang berfokus pada penggunaan konten digital pada platform Instagram.
Berdasarkan literatur dan wawancara dengan berbagai pihak di sekolah, disimpulkan bahwa video profil sebelumnya kurang maksimal dalam menarik minat remaja dan orang tua. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep program video periklanan dan mengembangkan alat periklanan di Instagram dengan menggunakan pendekatan IMC (Integrated Marketing Communication).
Konsep ini berfokus pada pembuatan film pendek, e-poster, dan brosur lipat yang dibagikan di platform Instagram. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat calon siswa dan orang tua untuk bergabung dengan SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Pendekatan IMC dipilih untuk memastikan koordinasi dan keselarasan antar elemen periklanan yang digunakan sehingga pesan yang disampaikan lebih konsisten dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Apridesain.id. 2021. “Apa itu Tipografi?”. Diakses pada 2 juni 2023 dari URL: https://www.apridesain.id/blog/apa-itu-tipografi
Belch, George E. dan Belch, Michael A. (2018). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective. New York: McGraw-Hill Education.
Doni, Fahlepi Roma. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 3 (2), pp. 15-23.
Fawzi, dkk. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Indonesia: Pascal Books.
Glints. 2023. Memahami Social Media Marketing, dari Pengertian Sampai Strateginya. Diakses pada 15 Juni 2023 dari URL: https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-social-media-marketing
Habibah, Alifia, dan Hidayati, Dian. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Siswa Baru Di Sma Swasta. AoEJ: Academy of Education Journal, 14 (1), pp. 107-123.
Husna, Jazimatul. (2019). Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital. ANUVA Jurnal Universitas Diponegoro, 3 (2), pp. 173-184.
Kuswantoro. (2016). Analisis Strategi Integrated Marketing Communication Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5 (1), pp. 1-21.
Monica, dan Luzar, Laura C. Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. HUMANIORA, 2 (2), pp. 1084-1096.
Sitorus, Christian Pangihutan dkk. (2019). Penerapan Angle Camera Dalam Videografi Jurnalistik Sebagai Penyampai Berita Di Metro TV Biro Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 4 (2), pp. 137-150.
Sunarya, Lusyani dkk. (2017). Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang. EKSPLORA INFORMATIKA, 6 (2), pp. 106-114.
Sunarya, L. (2008). Diktat Perkuliahan Aplikasi Desain Grafis 2 Company Profile & Coporate Identity. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja.
Silviani, Irene, dan Darus, Prabudi. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Indonesia: Scopindo Media Pustaka.
Wicaksono, H. (2019). Perancangan Konten Video Untuk Pembelajaran E-Learning, Studi Kasus Mata Kuliah Statistik 2, INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), 11 (2), pp. 1-12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.