PERANCANGAN PEMASARAN DIGITAL JASA HIAS DAN SEWA KOTAK SESERAHAN SEIGHNORITA

Galih Mandala Putra, Nadya Claudia Adella, Danu Kusuma

Abstract


Seserahan atau hantaran adalah upacara penyerahan tanda ikatan untuk kedua calon pengantin. Acara tersebut merupakan simbol atau tanda tanggung jawab dari calon pengantin pria untuk meyakinkan calon mertua bahwa pengantin pria telah siap memberi nafkah lahir dan batin pada calon mempelai wanita. Selain itu seserahan juga memiliki fungsi sebagai bentuk penghargaan terhadap calon mempelai wanita serta simbolisasi dalam mempererat silaturahmi antara kedua keluarga. Di tengah banyaknya usaha jasa sewa seserahan tersebut, terdapat suatu merek yang secara jasa potensial tapi secara desain dan promosi kurang kompetitif yaitu Seighnorita. Dalam menjalankan usaha ini Senorita memiliki kendala yaitu digital marketing atau media promosi, dikarenakan media promosi masih kurang menarik dan kompetitif dari segi desain maupun tampilan, sedangkan persaingan bisnis sudah semakin ketat. Banyaknya perusahaan yang bersaing melalui berbagai cara dan inovasi yang ditampilkan dalam pemasaran produk atau jasa yang mereka hasilkan. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan Metode Integrated Marketing Communications (IMC) yang ditulis oleh George E, Belch dan Michael A. Belch dalam buku Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective dan 5W+1H.

Full Text:

PDF

References


Buku

E Belch, G., & A Belch, M. (2021). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective. Scopindo Media Pustaka.

Wijaya, A. (2022). The Art Of Digital Marketing Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Jurnal

Dermawansyah, M., & Rizqi, M. (2015). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Manajemen Ekonomi dan Bisnis '' Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa'.

Elistia. (n.d.). Digital Marketing Pertemuan 13. Manajemen Pemasaran.

Fauzia, N., & Eko, A. (2021). Perancangan Buku Pop-Up sebagai Media Panduan Wisata Religi Kabupaten Lamongan. Barik, 1.

Febriyantoro, T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Universitas Universal, 1.

Firdaus, Y., & Hakim, A. (2013). Penerapan ''Acceleleration To Improve The Quality Of Human Resource Dengan Pengetahuan, Pengembangan, dan Persaingan Sebagai Langkah Dalam Mengoptimalkan Daya Saing Indonesia di MEA. 155.

Maulana, M., Susilo , H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online . Administrasi Bisnis.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. 11.

Pratama, H., Sudarmaji, & Irawan , D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Layanan Masyarakat Pada Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah Berbasis Web. Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK), 3, 246.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Ilmiah Dinamika Sosial, 1.

Rahmiaji, d. (2020). Journal Of Community Development & Empowerment. Ilmiah Mahasiswa Universitas Mataram.

Sari, I., & Susilo. (2021). Strategi Bertahan Cafe Melalui Pendekatan Integrated Marketing Communication Dimasa Pandemi Covid-19 (Vol. 4). Pustaka Komunikasi.

Siregar, S., & Roechelman, H. (2021). Seserahan Dalam Perkawinan Adat Betawi Sejarah dan Makna Simbolis. Ilmu Sosial dan Humaniora, 4, 66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/