PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE WEBSITE INFINI CREATIVE SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN ALAT BANTU PEMASARAN

Dewi Iriani, Adam Rinaldi, Rifqi Fahrudin, Muhammad Rifqi Alidzanur

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah mengubah perilaku konsumen dalam mencari informasi dan berbelanja. Keberadaan website yang memberikan pengalaman pengguna yang baik sangat penting bagi perusahaan guna meningkatkan loyalitas konsumen dan memperluas pangsa pasar. Terdapat banyak website perusahaan yang belum memenuhi kebutuhan pengguna dalam hal tampilan antarmuka dan pengalaman penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang website Infini Creative, sebuah perusahaan agensi kreatif digital di Cirebon, dengan fokus utama pada perancangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna untuk meningkatkan kemudahan penggunaan dan efektivitas pemasaran. Pendekatan Design Thinking digunakan sebagai metode perancangan yang berfokus pada kebutuhan pengguna dan pencarian solusi kreatif. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu empati, pendefinisian, pencarian ide, purwa-rupa, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rancangan user interface yang lebih informatif, memperkuat citra perusahaan, dan membantu divisi pemasaran dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan oleh Infini Creative.

Full Text:

PDF

References


Chapman, C. (2019, September 24). Breaking Down the Principles of Design (with Infographic). https://www.toptal.com/designers/gui/principles-of-design-infographic

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan (JITTER), 8(1), 111-117.

Direktorat Bina Standardisasi Kompetensi dan Pelatihan Kerja. (2020). Mengaplikasian Prinsip Dasar Desain. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Jakarta. 24 Hal.

Krug, S. (2014). Don’t make me think, revisited : a common sense approach to Web usability.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. PT Elex Media Komputindo.

Maioli, L. (2018). Fixing Bad UX Designs: Master proven approaches, tools, and techniques to make your user experience great again. Packt Publishing Ltd.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan teori warna. Yogyakarta: Andi.

Rustan, S. (2020). Layout2020 (1st ed., Vol. 1). CV. Menulis Buku Jendela Dunia.

Yuliyana, T., Arthana, I. K. R., & Agustini, K. (2019). Usability Testing pada Aplikasi POTWIS. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 8(1), 12-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/