PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE (UI) WEBSITE BRASSCO GALLERY SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI UNTUK MEMPERLUAS JANGKAUAN CUSTOMER

Kusnadi Kusnadi, Abdun Wijaya, Dewi Iriani, Teguh Prasetiyo

Abstract


Brassco Gallery merupakan pengrajin seni relief logam yang sudah ada sejak tahun 80an. Dan pada tahun 2007 hingga sekarang, dilanjutkan oleh generasi kedua yang di mana sejak saat itu pemilik yang bernama Budhi Brassco dan timnya terus berinovasi dalam karya yang dibuat, baik motif maupun ukuran. Proses pembuatan seni relief logam dikerjakan secara manual, tidak menggunakan cetakan dan dikerjakan oleh tangan terampil pengrajin profesional yang sudah belasan tahun menekuni bidang ini. Selama ini, media promosi dari Brassco Gallery belum optimal, karena hanya menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk melakukan promosi produknya. Sedangkan, mimpi besar Brassco Gallery sendiri adalah untuk memperkenalkan karya-karyanya tidak hanya di dalam negeri, namun juga mendapat apresiasi secara global. Oleh karena itu, penggunaan website dibutuhkan sebagai media promosi tambahan guna menjangkau customer lebih luas atau lingkup internasional. Perancangan ini menggunakan metode perancangan dari Hendratman (2010: 9). Kemudian, menggunakan metode pengumpulan data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa studi literatur. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data SWOT. Hasil dari perancangan ini adalah desain user interface untuk website Brassco Gallery beserta prototipenya yang bisa dijadikan sebagai referensi pemilik dalam membangun website Brassco Gallery.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Sumadi. (2019). KARYA CIPTA RELIEF. Surakarta: ISI PRESS.

Hendratman. (2010). Tips n Trix Computer Graphics Design. Bandung: Informatika Bandung.

Himawan, H., dan Yanu F, M. (2020). Interface User Experience. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.

Kala, A.Cinderry. (2021). Perancangan User Interface Berbasis Website Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness Pada UMKM Restu Dian Prima Tour dan Transport. Disertai Doktor pada FTI UD Surabaya: tidak diterbitkan.

Maulana, R.Taufiq. (2020). Perancangan User Interface User Experience Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Mobile Auctentik. Disertai Doktor pada FTI Universitas Islam Indonesia: tidak diterbitkan.

Nimpuno, S.Adipratama. (2015). Perancangan Desain Website Sebagai Media Promosi Sanggar Eltigo Clay dan Drawing Class Sleman, Yogyakarta. Disertai Doktor pada FBS UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Reynaldi, A. (2019). Perancangan Desain User Intarface (UI) Aplikasi Pencari Kost. Disertai Doktor pada FSD Universitas Negeri Makassar: tidak diterbitkan.

Said, D.Andika. (2020). Perancangan Desain Website Untuk Media Promosi Graceadorable. Disertai Doktor pada FSRD ISI Surakarta: tidak diterbitkan.

Schlatter, T., dan Levinson, D. (2013). Visual Usability. USA: Ingenix, Inc.

Sitorus, O. Fitriana., dan Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Wulandari, D. (2020). Analisis SWOT Pada Produk IB Multiguna Bank Jateng Syariah KCPS Semarang Barat. Disertai Doktor pada FEB Islam UIN Walisongo Semarang: tidak diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/