PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ZAT KIMIA PADA TINGKAT SMA

Kusnadi Kusnadi, Suhadi Parman, Viar Dwi Kartika, Deni Apriyanto, Eneng Wulan Sari

Abstract


Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar bagi guru untuk menyampaikan materi pengajaran dan meningkatkan proses pembelajaran bagi siswa. Dengan demikian, melalui media pembelajaran dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif serta akan terjalin hubungan yang baik antara guru dan siswa. Mata pelajaran yang dapat dikembangkan dalam menggunakan media digital yaitu mata pelajaran Kimia. Media pembelajaran pada mata pelajaran Kimia akan dikemas dalam bentuk Aplikasi AR sederhana. Aplikasi AR Sederhana dapat membantu siswa untuk memahami materi Zat Kimia dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Media pembelajaran menggunakan aplikasi AR terbilang masih sedikit terutama pada mata pelajaran Kimia, oleh karena itu, perlu adanya perancangan sebuah aplikasi AR sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Kimia di tingkat Sekolah  Menengah  Atas yang tepat dan inovatif agar siswa lebih mudah memahami konsep-konsep penting dalam Kimia, terutama dalam Zat Kimia. Hasil  akhir dari penelitian ini adalah Aplikasi Augmented Reality (AR) yang didalamnya terdapat pengenalan unsur kimia, penggabungan unsur kimia dan pengenalan alat-alat laboratorium.

Full Text:

PDF

References


Agustina, D., Mardianti, A., & Aziz, R. F. F. (2020). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis-Jenis Tanaman Herbal Berbasis Android. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 4(3), 89-94.

Amin, S. (2020). Perancangan Aplikasi Pengenalan Alat-Alat Praktik Laboratorium Kimia Berbasis Augmented Reality. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 681-694.

Arsyad, M. N. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 188-198.

Defantri.com (2021) Media Pembelajaran Matematika SMA (flash) Yang Harus Dimiliki Siswa Dan Guru Matematika, defantri.com. Available at: https://www.defantri.com/2015/04/gratis-media-pembelajaran-matematika-dengan-flash.html (Accessed: 11 August 2023).

Fiala, M. (2005, June). ARTag, a fiducial marker system using digital techniques. In 2005 IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR'05) (Vol. 2, pp. 590-596). IEEE.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Hartono, H. (2015). Warna Lokal Jawa Dalam Novel Indonesia Periode 1980–1995. LITERA, 14(2).

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25-32.

Supriono, N., & Rozi, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Molekul Kimia Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 3(1).

Wibawa, A. T. (2011). Animasi Pembuatan Batik Tulis Dan Cap Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengenalan Budaya Batik Kepada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas AMIKOM Yogyakarta).

VUFORIA engine 10.16 is available! (2023) Home | Engine Developer Portal. Available at: https://developer.vuforia.com/ (Accessed: 11 August 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/