PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAS PRELOVED PUSPITA GALLERY MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

Abdun Wijaya, A Sobi Mutohari, Angelika Angelika, Muhammad Kholilullah

Abstract


Bisnis produk tas preloved merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan memiliki banyak peminat, namun untuk memenangkan persaingan di tengah pasar dan menunjang penjualan, sebuah usaha sangat membutuhkan media promosi untuk mengenalkan produknya kepada konsumen.  Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, Puspita Gallery belum diimbangi dengan media promosi yang memadai, hal tersebut menjadi ancaman bagi Puspita Gallery untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar saat ini. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk penyelesaian masalah diatas adalah dengan menggunakan metode Integrated Marketing Comunication. Metode tersebut dianggap sebagai konsep yang tepat bagi suatu usaha untuk berkomunikasi dan memperkenalkan produknya terhadap konsumen. Adapun media promosi yang akan dirancang oleh penulis antara lain : packaging produk, poster, banner, konten feed dan reels Instagram, katalog foto, voucher belanja, kartu member, kartu nama, hang tag, Instagram Ads, jasa endorsement serta sewa reklame. Media-media tersebut dapat digunakan sebagai media yang membuat ketertarikan bagi para calon konsumen, membangun brand awareness, meningkatkan engagement, memberikan informasi mengenai Puspita Gallery dan juga menjalin ikatan dengan para konsumen, sehingga diharapkan dengan itu dapat meningkatkan penjualan produk.

Full Text:

PDF

References


Dwianto, R. D. (2017). Penerapan Konsep Integrated Marketing Communication Pada Perancangan Media Promosi Toko Emas Barokah. UPT Perpustakaan UM. http://mulok.lib.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=79718

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Il marketing del nuovo millennio. Pearson Italia Spa.

Morissan, M. A. (2010). Advertising: Integrated Marketing Communications. Jakarta: Prenada.

Novianto, I., Rizqiawan, H., Iswoyo, A., & Fauzuddin, Y. (2021). PPM Usaha Mikro Makanan Ringan Kelurahan Karah Kota Surabaya. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4(2021), 1028–1033.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Repository UIN. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Shimp, T. A. (2010). Integrated marketing communications in advertising and promotion. South-Western Cengage Learning. https://catalog.loc.gov/vwebv/search?searchCode=LCCN&searchArg=2008939395&searchType=1&permalink=y


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/