PERAN ADOBE ILLUSTRATOR DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN KREATIF UNTUK MEMPERKUAT PESAN PERDAMAIAN: TINJAUAN PENDEKATAN VISUAL KOMUNIKASI ANTARBUDAYA

Fahri Hidayat, Zahrotun Nurur Ramadani

Abstract


Perkembangan teknologi telah memperluas interaksi antarbudaya di era globalisasi, namun juga menghadirkan kompleksitas konflik yang memerlukan pendekatan holistik. Komunikasi antarbudaya menjadi krusial dalam mempromosikan pemahaman, toleransi, dan kerjasama di tengah perbedaan yang semakin kompleks. Artikel ini mengkaji peran Adobe Illustrator sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan kreatif dalam komunikasi antarbudaya, dengan fokus pada potensinya dalam memperkuat pesan perdamaian melalui pendekatan visual yang efektif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adobe Illustrator mampu meningkatkan kreativitas visual, mempengaruhi emosi audiens, dan memfasilitasi kolaborasi antarbudaya dalam membangun pesan perdamaian. Kesimpulan menyoroti pentingnya inovasi dalam komunikasi visual untuk mempromosikan harmoni dalam keragaman budaya.

Full Text:

PDF

References


Alali, N. (2024). Maximizing the Potential of Artificial Intelligence in Digital Forensics Imam Abdulrahman Bin Faisal University College of Science and Hummanities Maximizing the Potential of Artificial Intelligence in Digital Forensics Investigations Students Names : Sup. May 2023. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.32764.72320

Aulia, H., Manurung, L. A., Raihan, M. S., Akila, G. N., & Ikhwan, A. (2023). Pengembangan Metode Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Ilustrator Dalam Pembuatan Desain Poster Pada SMK Telkom Medan. Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 3(1), 32–34. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i1.480

Barton, G. (2023). R20 Sumbangan Bernilai NU untuk Kemanusiaan. In Religion Twenty (R20): Moderatisme, Kemanusiaan, dan Perdamaian Global.

Borysov, V., Prodan, I., Borisov, G., & Borysova, S. (2022). Graphic Designing as a Source of Student Earnings: A Workspace of Aesthetics Arts. 22(1), 650–658. http://dspace.luguniv.edu.ua/xmlui/handle/123456789/8937%0Ahttp://dspace.luguniv.edu.ua/jspui/bitstream/123456789/8937/1/20220185.pdf

Casofa, F., & Isa, A. (2022). Gerbang Kreatifitas: Jagat Desain Grafis. PT. Bumi Aksara.

Damayanti, S. (2023). Metode Penciptaan Desain Kerajinan Menggunakan Adobe Illustrator. Fashion and Fashion Education Journal, 12(1), 54–61. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i1.58371

Fridsma, L. (2022). Visual Quickstart Guide: Adobe Illustrator. Peachpit Press.

Grossman, A. N., Nomikos, W. G., & Siddiqui, N. A. (2023). Can Appeals for Peace Promote Tolerance and Mitigate Support for Extremism? Evidence from an Experiment with Adolescents in Burkina Faso. Journal of Experimental Political Science, 10(1), 124–136. https://doi.org/10.1017/XPS.2022.1

Habibullokhonovna, M. Z. (2023). The Content and Form of the Introduction of Digital Technologies in Computer Science. 2(3), 9–14.

Hammam, H. (2023). The Values of Moderation Islam Expressed Through Friday Sermon Texts in the Mosques : A Narrative Analysis The Values of Moderation Islam Expressed Through Friday Sermon Texts in the Mosques : A Narrative Analysis Adang Kuswaya. February. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26374.86082.

Harpendya, G., Sumantri, S. H., & Wahyudi, B. (2022). Pendidikan perdamaian: sebuah urgensi di tengah maraknya konflik sosial berdimensi suku, agama, ras, dan antar-golongan di indonesia. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 77–86. https://doi.org/10.21009/jimd.v21i2.26488.

Rusdi, I., Supriyadi, Ade Christian, & Indah Suryani. (2022). Pelatihan Desain Grafis Pembuatan Flyer Produk Untuk Promosi Konten Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.101

Islamy, A. (2022). Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 5(1), 48–61. https://doi.org/10.54583/apic.vol5.no1.87

Kusnadi, K., & Wulandari, N. A. T. (2024). Pendidikan Damai: Memperkuat Pemahaman Hak Asasi Manusia Dan Keadilan Sosial. Jurnal Basicedu, 8(1), 539–551. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7126

Lubis, B. S., Sari, S. P., Siregar, E. F. S., & Batubara, I. H. (2022). Pemanfaatan Adobe Illustrator (AI) Sebagai Aplikasi Desain Bahan Ajar Berbasis Komik. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 624. https://doi.org/10.30651/aks.v6i4.9851

Mustari, M. (2023). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan. In Gunung Djati Publishing (Vol. 6, Issue 1). http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Nazir, K., Magister, P., Dan, S., Islam, K., Adab, F., Humaniora, D. A.

N., Islam, U., & Syarif, N. (2022). Pemikiran Dan Kontribusi Said Aqil Siraj Program Magister.

Noviar, A. (2020). Desain Grafis & Desain Website. POLEAGI.

Roza, W., Yesi Guspita Sari, Bera Eka Putra, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.426.

Sahril, B., & Nurfitriany, F. (2022). Strategi Pendidikan Kedamaian pada Sekolah di Indonesia Artikel info. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 5(1), 69–80.

Siahaan, A. U. (2022). Developing Motion Graphics “Successful English Presentation” for Tertiary Vocational Students. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 7(1), 44–51. https://doi.org/10.32528/ellite.v7i1.6850

Sihabudi, A. (2019). Komunikasi Antarbudaya: Satu Perspektif multidimensi. PT. Bumi Aksara.

Sopakua, S., & Hasugian, J. W. (2022). Pedagogi filoeirene: Ajakan untuk mencintai perdamaian dalam kemajemukan. Kurios, 8(1), 105. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.460

Stevens, J. (2023). Art of Peace: Morihei Ueshiba. Shambala Publication.

Tiar Sirait, F. E. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(1), 132–139. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.28153

Tular, N. I., & Manik, J. S. (2022). Pendidikan Perdamaian bagi Remaja: Upaya Pencegahan Terjadinya Konflik antar Umat Beragama. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(1), 40–57. https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.228

Xie, Y., Li, H., Luo, X., Li, H., Gao, Q., Zhang, L., Teng, Y., Zhao, Q., Zuo, Z., & Ren, J. (2022). IBS 2.0: An Upgraded Illustrator for the Visualization of Biological Sequences. Nucleic Acids Research, 50(W1), W420–W426. https://doi.org/10.1093/nar/gkac373

Yamashika, H., Mustakim, W., & Giatman, M. (2023). Mobile Application Design For Learning Digital Engineering Based On Figma And Android Studio. Journal of Computer Science, Information Technology and Telecommunication Engineering, 4(1), 370–376. https://doi.org/10.30596/jcositte.v4i1.13184


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/