PERANCANGAN MURAL SEBAGAI MEDIA PENGINGAT KISAH NABI DAN RASUL BERGELAR ULUL AZMI DI TPA PESAYIDAN KOTA CIREBON

Bagus Arif Subakti, Tri Annisa, Dzulfiqar Fickri Rosyid, Yuni Awalaturrohmah Solihah

Abstract


Seni mural adalah seni gambar yang menggunakan media tembok atau dinding. Selain mempunyai nilai estetik, mural juga adalah salah satu media yang efektif buat memberikan sebuah pesan, sebab melalui seni mural sosialisasi yang dilakukan diperlukan akan lebih komunikatif. Perancangan mural tidak hanya untuk nilai keindahan saja, namun hal ini dapat memudahkan siswa dalam belajar serta mudah mengingat serta dapat menaikan minat belajar anak. Sehingga pemanfaatan mural sebagai media pengingat akan kisah Nabi dan Rasul bergelar Ulul Azmi akan sangat efektif di TPA Pesayidan. Karena penggunaan media mural dapat digunakan sebagai media tambahan dalam proses pembelajaran, maka berharap lewat perancangan ini membantu para siswa-siswa untuk meningkatkan daya ingat belajar anak di TPA Pesayidan, Kota Cirebon.

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A., & Syaripudin, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Dewan Guru Tenaga Harian Lepas Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Negeri Kunciran 6 Kota Tangerang. Biner : Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 1(1), 17–25. Https://Doi.Org/10.32699/Biner.V1i1.2449

Aryanti, S. Z., Nasucha, Y., & Al-Ma’ruf, A. I. (N.D.). Mural Art Media F0r Millennials Character Education.

Dwi Puspitasari, Y., & Miftakhul Ulum, W. (2020). Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). Https://Doi.Org/10.29408/Didika.V6i2.2507

Gamas, M. F. (2022). Perancangan Informasi Kisah Para Nabi Ulul Azmi Melalui Video Animasi [Other, Univeristas Komputer Indonesia]. Https://Doi.Org/10/Unikom_mochamad%20gamas%20f_bab%20v.Pdf

Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal Melalui Media Visual. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 17–28. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.22657

Liana, P. (2020). Taman Pendidikan Al Quran Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak Di Desa Semawot. 8(2).

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. 6.

Putri, D. S., Ilmi, D., Jasmienti, J., & Alimir, A. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Materi Ski Kelas Viii Di Mtsn 3 Pasaman. Concept: Journal Of Social Humanities And Education, 2(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.55606/Concept.V2i2.287

Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.8.3.1737-1746.2022

Suherman, S., Giyanti, S., & Anggraeni, S. P. K. (2019). Mural Di Lingkungan Sekolah Dalam Konteks Pendidikan Konservasi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V9i2.3303

Surentu, Y. Z., & Warouw, D. M. D. (N.D.). Pentingnya Website Sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Minahasa.

Tantona, L., & Gani, A. C. (N.D.). Pengaruh Pemilihan Warna Cat Dinding Pada Ruang Belajar Dalam Meningkatkan Niat Belajar Anak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/