PERANCANGAN DESAIN GRAFIS UNTUK KONTEN MEDIA SOSIAL MUTIARA 88 SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Muhammad Angga Lesmana, Sifa Nur Faridi, Rosy Febriani Daud, Ahmad Sobi Mutohari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan desain grafis yang lebih menarik untuk meningkatkan strategi konten media sosial Mutiara 88. Studi ini membuat strategi konten yang mencerminkan identitas merek dan tujuan komunikasi dengan menggunakan teknik design thinking dan analisis SWOT. Analisis SWOT membantu menentukan target audiens dan kebutuhan klien, sedangkan design thinking digunakan untuk melakukan analisis menyeluruh. Penelitian ini fokus pada strategi konten media sosial, yang mencakup desain postingan feeds dan motion graphic untuk reels Instagram. Hasilnya menunjukkan bahwa Mutiara 88 dapat meningkatkan daya tarik visual dan efisiensi promosi dengan desain grafis yang lebih baik. Selain itu, penelitian ini menawarkan manfaat praktis bagi UMKM dalam mengembangkan strategi konten media sosial yang kreatif.

Full Text:

PDF

References


E-book

Suyanto, M. (2004). aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan. Penerbit Andi. https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=K7lbfhvt6aac&Lpg=Pa1&Dq=Muhammad%20suyanto%20desain%20grafis&Lr&Hl=Id&Pg=Pa1#V=Onepage&Q=Muhammad%20suyanto%20desain%20grafis&F=False

Enterprise, J. (2018). desain Grafis Komplet. Elex Media Komputindo. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Ujjudwaaqbaj&Lpg=Pp1&Dq=Desain%20grafis&Lr&Hl=Id&Pg=Pp1#V=Onepage&Q=Desain%20grafis&F=False

Ilham B. U. (2024). Aplikasi Design Thinking. Nobel Press. Http://Repository.Nobel.Ac.Id/1329/1/Buku%20ajar%20bahrul%202024.Pdf

Mueller-Ruterberg, C. (2018). Handbook Of Design Thinking. Kindle Direct Publishing. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/329310644_handbook_of_design_thinking

Fakhrudin, Arif, Maria Valeria Roellyanti, And Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Deepublish. https://Repositori.Sttkd.Ac.Id/Documents/Arif%20fakhrudin%2c%20s.E.%2c%20m.M./1.%20buku%20bauran%20pemasaran.Pdf

Widya, L. A. D., & Darmawan, A. J. (2016). Pengantar Desain Grafis. Cetakan I. Isbn 978-602-60263-4-7. https://Repositori.Kemdikbud.Go.Id/11838/1/9-Desain-Grafis-Ok.Pdf

Cahyadi, D. (2023). Editing Dan Motion Graphic. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Dan Desain, Universitas Negeri Makassar. https://Www.Researchgate.Net/Publication/376072534_motion_graphics_dasar

Jurnal

Cahyono, A. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. publiciana, 9(1): 140-157.

Fitriani, Yuni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital. jisamar (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research), [S.L.], 5(4): 1006-1013.

Kementerian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah. Indonesia Baik, N.D.

Skripsi

Novalita, A. (2022). Hubungan Konten Media Sosial Terhadap Minat Beli Produk Umkm Pada Followers Instagram @Plajuberdaya (Skripsi). Universitas Sriwijaya. https://Repository.Unsri.Ac.Id/87993/3/Rama_70201_07031381924197_0001057901_0013099204_01_front_ref.Pdf

Kamil, U. I. (2023). Perancangan Konten Media Sosial Sebagai Media Promosi Toko Thrifting Double Our Standard (Skripsi). Politeknik Negeri Jakarta. https://Repository.Pnj.Ac.Id/Id/Eprint/12145/1/Halaman%20identitas%20skripsi.Pdf

Shabir, R. (2022). Pengembangan Video Motion Graphics Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jaringan Berbasis Luas Di Smk Negeri 2 Bandar Lampung (Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung).

https://Digilib.Unila.Ac.Id/63226/3/Skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.Pdf

Afi, M. A. (2020). Perancangan Motion Graphic Untuk Mengedukasi Orang Tua Terhadap Masa Keemasan Otak Anak (Skripsi, Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, Bandung). https://Ifik.Telkomuniversity.Ac.Id/Assets/Upload/Thesis/Aliafi/Draft_preview_3_-_muhammad_ali_afi_-_1601160351.Pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/