PERANCANGAN GRAPHIC STANDARD MANUAL MEDIA SOSIAL PADA INSTAGRAM SMA NEGERI 3 KOTA CIREBON

Andika Adi Pratama, Abdul Basith, Galih Mandala Putra, Abdun Wijaya

Abstract


Perancangan Graphic Standard Manual Media Sosial Pada Instagram SMA Negeri 3 Kota Cirebon dilakukan untuk mengatasi permasalahan kurangnya daya tarik visual graphic dan kurangnya perkembangan konten digital pada akun Instagram SMA Negeri 3 Kota Cirebon. Perancangan ini bertujuan untuk standarisasi visual graphic yang sesuai dengan brand image SMA Negeri 3 Kota Cirebon sehingga dapat meningkatkan visibilitas brand image pada media sosial dan menarik minat calon peserta didik atau wali murid calon peserta didik. Perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode design thinking yang memiliki lima tahapan: Empetize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Dengan adanya Perancangan Konten Digital Pada Sosial Media Instagram SMA Negeri 3 Kota Cirebon, diharapkan dapat membantu meningkatkan visibilitas brand image dan reputasi SMA Negeri 3 Kota Cirebon di mata umum dan meningkatkan partisipasi siswa serta masyarakat dalam kegiatan dan program SMA Negeri 3 Kota Cirebon.

Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Fitri, A. P. N., & Wibawa, M. (2023). Perancangan feed Instagram sebagai konten media promosi Taman Baca Zahra. Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 5(1): 15-24.

Hartanto, L. C., Pascarina, P. A., Swastika, G. L. D. dkk. (2022). Perancangan Media Sosial Instagram Untuk Memberdayakan Lsm Lingkungan Hidup. SHARE: Journal of Service Learning, 8(1): 65-72.

Jiwantono, A., Natadjaja, L., & Kurniawan, D. (2021). Perancangan Desain Konten Sosial Media Tentang Sepak Bola Melalui Instagram Berbasis Microblog. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18).

Nurdiansyah, F., & Mulyana, T. (2023). Perancangan Visual Graphic Standard Manual Untuk Logo Semarcold. Jurnal Desain - Kajian Bidang Penelitian Desain, 3(2): 489-503.

Skripsi :

Maharani, E. N., & Martin, F. V. (2023). Perancangan Konten Digital Pada Media Sosial Instagram Sma Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka (Proyek Desain Komunikasi Visual, Universitas Catur Insan Cendekia).

Anggraeni, S. P. (2024). Perancangan Konten Digital Sma Islam Al-Azhar 5 Cirebon (Skripsi Sarjana, Universitas Catur Insan Cendekia).

Kusumadewi, R. (2023). Penggunaan Design Thinking Untuk Perancangan Brand Guideline, Content Pillar, Dan Content Calendar (Skripsi Sarjana, Universitas Padjadjaran).

Goenawa, F. M. F. (2021). Perancangan Media Promosi Instagram Pada Galeri De La Macca Di Kota Makassar (Skripsi Sarjana, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Putri, H., & Pradnyanita, N. (2021). Konten Visual Instagram Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Baru (Skripsi Sarjana, Institut Desain Dan Bisnis Bali).

Permana, E. (2022). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Desain, Tipografi, Dan Warna Pada Instagram Feed Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun 2019 (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Medan).

Ray, I., & Islam, A. (2022). Perancangan Brand Identity Dan Media Sosial Triversa Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Surabaya).

Adynata, Y. (2020). Perancangan Identitas Visual Pt Wijaya Multi Kontruksi Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Recognition (Skripsi Sarjana, Universitas X).

Sumber Web :

Komposisi Desain Grafis Dan Prinsipnya. (2023, Mei 22). Merdika Madiun. Https://Blog.Merdikamadiun.Com/2023/05/22/Komposisi-Desain-Grafis-Dan-Prinsipnya/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/