PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MS TOYS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN BRAND AWARENESS TERHADAP MASYARAKAT CIREBON

Skolastika Widiastri, Dzulfiqar Fickri Rosyid, Viktor Asih, Linda Norhan

Abstract


Dalam membangun bisnis, diperlukan adanya media promosi yang membuat bisnis tersebut akan semakin mudah dikenali dan ditemukan oleh konsumen. Untuk membangun suatu media promosi pada suatu bisnis diperlukan suatu perancangan yang baik secara bertahap agar mencapai strategi yang efektif. MS Toys adalah salah satu bisnis yang bergerak di bidang penjualan mainan dan aksesoris wanita. Hingga saat ini penjualannya telah melalui e-commers maupun offline. Tapi banyak Masyarakat yang belum mengetahui tentang MS Toys, oleh karena itu tujuan dari perancangan ini adalah bagaimana Merancang Media Promosi MS Toys Dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness. Perancangan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk dapat merumuskannya. Berdasarkan hasil dari analisis, ditemukan bahwa tidak adanya laman review untuk dapat memudahkan para konsumen menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan. Sehingga MS Toys kurang dikenali masyarakat luas. Setelah melalui proses analisis data, maka konsep desain yang akan digunakan yaitu “Easy and Cheap” yang berarti cepat dan murah. Dalam hal ini “Easy and Cheap” berarti bagaimana MS Toys mudah ditemukan oleh Masyarakat serta memberikan harga yang dapat bersaing dengan para kompetitornya.


Full Text:

PDF

References


Alidzanur, M.R, Fairuz, F.R, Rachmawati, I, Kusnadi, Solihah, Y.A, Sodik, J. (2023). Perancangan Media Promosi Produk UMKM Kecuali Coffee. 3(3), 2830-0351

Andrenata, A., Supeni, R.E., Rahayu, J. (2020). Pengaruh Perceived Value, Brand Awaresess, Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, IX(4), 2715-9671.

Arymil, M.F., Alam, S., Nurusholih, S. (2023). Perancangan Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Knowledge Sweettooth Cafe Padang. eProceedings of Art & Design, 10(2), 2615-2629.

Duniarto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony. (2017). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Iriani, D., Parman, S., Hafizh, A.F., Rachmawati, F., Solihah, Y.A. (2023). Ambient Media ti Improve Catur Insan Cendikia University Brand Awareness. ADI Journal on Recent Inovation (AJRI), 5(1), 2686-0384.

Mahardika, A., Arumsari, R.Y., Lukito, W. (2023). Perancangan Media Promosi Untuk Meningkatkan Brand Awareness Di Scoria Coffee. eProceedings of Art & Design, 10(2), 2325-2347.

Meilyana, E. (2018). AISAS Model. Article from Binus University. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/13/aisas-model/

Perdana, M.D., Syafikarani, A., Ningrum, N.N. (2023). Perancangan Promosi Perdana Home Decoration Untuk Meningkatkan Brand Awarenes. eProceedings of Art & Design, 10(2), 2556-2569.

Prasetio, R., Laturette, K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito Tour & Travel. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(3), 332 - 341.

Sevtiana, A., Dewi, W. M., Norhan, L., Kusuma, R.P. (2023). Solusi Pengembangan Brand Awareness dan Pemasaran Digital Pada UMKM Dapur Keysha Di Kabupaten Cirebon. Jurnal Abdimas Galuh, 5(2), 1724-1735.

Solihah, Y.A., Asih, V., Ulyah, D.A.S.A. (2024). Perancangan Media Promosi Digital SMK Cendikia Cirebon Sebagai Sarana Promosi Dan Informasi PPDB. Jurnal Grafis, 2(2), 135-146.

Suganda, C.W., Arumsari, R.Y., Lukito, W. (2023). Perancangan Media Promosi Usaha Kopi Selaksa Makna. eProceedings of Art & Design, 10(2), 2348-2365.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The densu way : Secret of croos switch marketing from the worlds most innovative advertising agency. New York, NY: McGraw-Hill.

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Mnajemen Pelita Bangsa, 5(3), 1-18.

Tjiptono, F., IV. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, A., Mutohari, A.S, Angelika, Kholilullah, M. (2024). Perancangan Media Promosi Tas Preloved Puspita Gallery Menggunakan Metode Integrated Marketing Communication. Jurnal Grafis, 2(2), 154-168. https://kbbi.web.id/toko#google_vignette.

Sutisna, N., Mutohari, A.S., Wijaya,A., Rachmawati, I., Parman, S., Iriani, D. (2023). Perancangan Media Promosi Website Desa Wisata Sitiwinangun. Jurnal Digit, 13(1), 81-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/