PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME VERB LINK BAHASA INGGRIS KELAS III SD

Fahriel Valendriana Martin, Suhadi Parman, Rifqi Fahrudin, Yuni Awalaturrohmah Solihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Pembelajaran interaktif berupa board game matematika“Perkalian”untukmeningkatkanminatbelajardanpemahamansiswa kelasIII di SD Kesambi Dalam 1, Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation,Evaluation).Berdasarkanhasilanalisis, ditemukanbahwasiswamengalamikesulitandalambelajarmatematikakarenakurangnya ketertarikanterhadapmetodepembelajaranyangdigunakan.Untukitu,dirancangsebuah boardgameinteraktifyangtidakhanyamenyajikanmateriperkalian,tetapijugamemberikan pengalamanbelajaryangmenyenangkandanmendidik.Implementasimediapembelajaranini dilakukandenganmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosesbelajarmengajar.Hasilevaluasi menunjukkanbahwapenggunaanboardgameinimampumeningkatkanminatdan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Dengan demikian, board game ini diharapkan dapat menjadisolusiinovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Abshari, I. N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas III dan IV Sekolah Dasar. Tugas Akhir. Universitas Dinamika.

Alvita, & Gamaliel Septian Airlanda. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 57125721. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686

Dwistyawan, D. M. T., & Setiawan, T. A. (2017). Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk

Masyarakat. Nirmana, 17(2), 102-109. doi:10.9744/nirmana.17.2.102-109

Friska, M. N., Marbun, R. A., & Sinaga, A. B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 060962 Belawan. Jurnal Teknologi, Kesehatan & Ilmu Sosial, 5(2), 242-247. Retrieved from http://e-journal.sarimutiara.ac.id/index.php/tekesnos

Hadiyanti, V., & Salim, H. (2021). Ludo Word King untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Didaktika, 1(3), 591-601.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Kahar. (2023). Media Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Macam-macam dan Contohnya. Diakses pada 16 April 2024, dari https://www.min1kotabaru.sch.id/berita/detail/media-pembelajaranpengertian- manfaat-macammacam-dan-contohnya

Lena, M. S., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 41-47. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.175

Ludenara. (n.d.). Sejarah Board Game dan Pendidikan Karakter. Diakses pada 15 April 2023, dari https://ludenara.org/sejarah-board-game-dan-pendidikankarakter/

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta, 50, 1829-7463.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(1), 23-28. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Rahmawati, A. R., Arini, L. Z., Raissa, P., Nurhikmah, S., & Zawad, S. (2023). Pemanfaatan Metode TPR untuk Mengenalkan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris Kepada Siswa Sekolah Dasar. JIMP: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-45. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/JIPM/article/view/1

Safitri, W. (2020). Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181-190. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8186

Yuniari, P. I., Sindu, I. G. P., & Darmawiguna, I. G. M. (Tahun tidak diketahui). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris "Introducing Vocabulary" Menggunakan 3 Bahasa di Kelas III Sekolah Dasar. KARMAPATI, 4, 21-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/