PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME VERB LINK BAHASA INGGRIS KELAS III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Pembelajaran interaktif berupa board game matematika“Perkalian”untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa kelas III di SD Kesambi Dalam 1, Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena kurangnya ketertarikan terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Untuk itu, dirancang sebuah board game interaktif yang tidak hanya menyajikan materi perkalian, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendidik. Implementasi media pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan board game ini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Dengan demikian, board game ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Full Text:
PDFReferences
Abshari, I. N. (2023). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Kosakata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas III dan IV Sekolah Dasar. Tugas Akhir. Universitas Dinamika.
Alvita, & Gamaliel Septian Airlanda. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 57125721. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686
Dwistyawan, D. M. T., & Setiawan, T. A. (2017). Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk
Masyarakat. Nirmana, 17(2), 102-109. doi:10.9744/nirmana.17.2.102-109
Friska, M. N., Marbun, R. A., & Sinaga, A. B. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Negeri 060962 Belawan. Jurnal Teknologi, Kesehatan & Ilmu Sosial, 5(2), 242-247. Retrieved from http://e-journal.sarimutiara.ac.id/index.php/tekesnos
Hadiyanti, V., & Salim, H. (2021). Ludo Word King untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Didaktika, 1(3), 591-601.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Kahar. (2023). Media Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, Macam-macam dan Contohnya. Diakses pada 16 April 2024, dari https://www.min1kotabaru.sch.id/berita/detail/media-pembelajaranpengertian- manfaat-macammacam-dan-contohnya
Lena, M. S., Sartono, S., Emilia, T., & Khairanis, S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 41-47. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.175
Ludenara. (n.d.). Sejarah Board Game dan Pendidikan Karakter. Diakses pada 15 April 2023, dari https://ludenara.org/sejarah-board-game-dan-pendidikankarakter/
Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta, 50, 1829-7463.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(1), 23-28. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Rahmawati, A. R., Arini, L. Z., Raissa, P., Nurhikmah, S., & Zawad, S. (2023). Pemanfaatan Metode TPR untuk Mengenalkan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris Kepada Siswa Sekolah Dasar. JIMP: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29-45. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/JIPM/article/view/1
Safitri, W. (2020). Pengembangan media board game untuk pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 181-190. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.8186
Yuniari, P. I., Sindu, I. G. P., & Darmawiguna, I. G. M. (Tahun tidak diketahui). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris "Introducing Vocabulary" Menggunakan 3 Bahasa di Kelas III Sekolah Dasar. KARMAPATI, 4, 21-34.
Refbacks
- There are currently no refbacks.