PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN TELUR ASIN BANG IPUL UNTUK MENINGKATKAN CITRA MAKANAN TRADISIONAL BERNUTRISI
Abstract
Telur asin merupakan kuliner tradisional bernutrisi tinggi. Namun, citranya belum didukung oleh identitas visual dan kemasan yang menarik, khususnya pada UMKM seperti telur asin Bang Ipul di Majalengka yang telah berdiri 10 tahun, namun belum memiliki identitas visual maupun kemasan yang mendukung citra produknya. Di sisi lain, meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong kebutuhan akan kemasan yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga ramah lingkungan. Penggunaan kemasan ramah lingkungan kini menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran modern karena konsumen semakin peduli terhadap keberlanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan pemilik usaha, konsumen, observasi, dan studi literatur untuk memperoleh data dan memahami kebutuhan pengguna. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui analisis SWOT. Perancangan dilakukan dengan metode design thinking untuk menghasilkan solusi desain yang tepat, didukung kuesioner dan masukan dari pemilik usaha. Hasil perancangan mendapatkan tanggapan positif dari pemilik usaha, konsumen, dan masyarakat. Dapat di simpulkan bahwa hasil rancangan yang dibuat mampu memperkuat citra telur asin Bang Ipul sebagai makanan tradisional bernutrisi dan diharapkan dapat dikenal lebih luas juga bisa membedakannya dari produk sejenis di pasaran.
Kata Kunci: Identitas Visual, Kemasan Ramah Lingkungan, Telur Asin, Citra Produk, Makanan Tradisional Bernutrisi
Full Text:
PDFReferences
Agrifa, A. R., Deliana, Y., Esperanza, D., & Rachmawati, E. (2024). Persepsi dan Minat Terhadap Penggunaan Green Packaging Pada UMKM Makanan di Kota Bandung. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(1), 1334–1342.
Dyahayu, L. P. (2023). Analisis Visual Pada Kemasan Danish Monde Egg Drop Biscuit Dengan Teori Semiotika. Tuturrupa, 5(2), 89–101.
Fianda, A. Y. A., Fandinny, I., Kacaribu, L. N. B., Desyani, N. A., Asyifa, N., & Wijayanti, P. (2021). Eco-friendly packaging: Preferensi dan Kesediaan Membayar Konsumen di Marketplaces. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(1), 147–157.
Hidayatulloh, M., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Telur Asin Di Umkm Mardlotillah Salty Eggs Lamongan Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1643–1649.
Pratama, A. S. A. (2025). Perancangan Identitas Visual Umkm Makanan Tradisional Hoky Rasa Di Kota Surabaya. 6(3), 234–247.
Prisilia, M., & Syahbanu, F. (2023). Analisis Karakteristik dan Perbandingan Kandungan Zat Gizi Antara Telur Asin Dengan Tepung Telur. Jurnal Gizi Dan Kuliner, 4(1), 28–34.
Rahayu, H., & Amalia, L. (2024). Perancangan Identitas Visual UMKM Bidang Kuliner “ Bu Naf ” di Yogyakarta : Upaya Menyintas Pasca Pandemi. DeKaVe, XVII(1), 110–124.
Rizki, M., & Mulyanti, D. (2023). Pentingnya Strategi Pemasaran Melalui Penguatan Citra Merek Dety Mulyanti. Jurnal Ebismen, 2(1), 240–245.
Sary, K. A., Boer, K. M., & Agustian, J. F. (2025). Perancangan Visual Branding untuk Meningkatkan Identitas dan Daya Saing UMKM Binaan Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ). 9(1), 200–211.
Septiani, R. A. D., & Wardana, D. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca. Jurnal Perseda, V(2), 130–137.
Suprapti, Y., Jumiati, & Zainuddin, M. (2022). Inovasi Pembuatan dan Pengemasan Telur Asin Kukus Ketahanan Pangan Dalam Situasi Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat TPB Universitas Mataram, 4(2), 128–135.
Wijaya, K. R. A., & Islam, M. A. (2023). Perancangan Identitas Visual Djoeragan Kue Lekker Surabaya. Barik, 5(1), 198–211.
Refbacks
- There are currently no refbacks.








