PERANCANGAN KONTEN MEDIA DIGITAL CEMILAN SALMAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Nadya Claudia Adella, Galih Mandala Putra, Linda Norhan

Abstract


Di zaman yang semakin modern ini perkembangan dunia kuliner mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan primer manusia yaitu kegiatan makan, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Karena perkembangan teknologi kini tidak sedikit bisnis yang beralih ke penggunaan internet, salah satunya dengan promosi. Dengan adanya promosi melalui internet khususnya dengan media sosial, dapat meningkatkan penjualan secara luas dan tidak memerlukan biaya pemasaran yang mahal. Media promosi seperti katalog online amat sangat membantu calon konsumen untuk mencari informasi mengenai produk yang ingin mereka beli karena tidak harus memesan langsung ke toko atau tatap muka. Katalog online telah menjadi elemen yang semakin penting dalam usaha makanan di era digital saat ini, terutama dalam konteks pemasaran digital. Tujuan penelitian ini yaitu membuat E-Katalog berupa foto produk untuk meningkatkan kesadaran (awareness) pada usaha Cemilan Salman menggunakan pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC). Pendekatan IMC dipilih untuk memastikan agar penargetan dan keselarasan antar elemen periklanan yang digunakan sesuai sehingga pesan yang disampaikan lebih konsisten dan efektif. Kemudian pada penelitian ini ada beberapa software yang digunakan yaitu; Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Inshot Pro. Kemudian elemen hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa; Foto Katalog dan Foto Feed pada platform Whatsapp Bisnis dan Instagram serta media penunjang fisiknya seperti buku katalog dan stiker.


Kata Kunci: IMC, promosi digital, daya tarik, pemasaran.


Full Text:

PDF

References


R,Kasali. Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning. Gramedia Pustaka Utama, 1998.

I.Silviani., & P,Darus. Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC). Scopindo media Pustaka, 2021.

F,K,Siswanto., & F,Kleinsteuber. Strategi Manajemen Pemasaran. Edisi pertama, Jakarta, PT. DAMAR MULIA PUSTAKA, 2021.

A,Raeburn. “Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya beserta contohnya,” Internet:

https://asana.com/id/resources/swot-analysis, 24 Februari, 2024 [Mar, 22,2024].

Yovita. “Pengertian Katalog Online beserta Pengertiannya,” Internet: https://www.mokapos.com/blog/katalog-online-e-catalogue, 23 Oktober, 2022 [Mar, 29,2024].

L,W,Nur. “Analisis SWOT Usaha Kue: Mengeksplorasi Potensi dan Tantangan di Dunia Patiseri,” Internet: https://tambahpinter.com/analisis-swot-usaha-kue/#google_vignette, 11 Januari, 2024 [Mei, 2,2024].

R.Evi. “ Jenis-jenis Gaya Visual Dalam Desain Grafis,” Internet: https://jasalogo.id/artikel/jenis-jenis- gaya-visual-dalam-desain-grafis, 9 Januari, 2024 [Mei, 10,2024]. https://komunikasi.trunojoyo.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/sri-wahyunifinal-Edisi-2.pdf, 12 Maret, 2023 [Mar, 23, 2024].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/