Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf dan Bacaan Bagi Anak Usia Dini

Kitriawati Kitriawati, Yuni Awalaturrohmah Solihah, Kusnadi Kusnadi, Lena Magdalena

Abstract


Pendidikan usia dini ialah waktu belajar paling baik bagi anak, pada usia dini, anak lebih mudah menerima suatu informasi. Kebanyakan orang tua mulai menyekolahkan anaknya pada usia dini di PAUD maupun TK. Salah satu materi yang paling dasar ketika anak belajar di PAUD ialah belajar mengenal huruf dan membaca. Namun tidak semua anak dengan mudah menerima materi tersebut contohnya murid kelas B di PAUD KURNIA yang berada di Battembat, dengan berbagai alasan, salah satunya karena kurang efektifnya media yang digunakan ketika belajar, sehingga anak mudah bosan. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan media agar lebih tertarik ketika belajar membaca. Dari hasil penelitian, data yang diperoleh, anak-anak lebih sering menggunakan buku dan permainan, namun buku dan permainan yang tersedia kurang interaktif dan tidak colorful. Mengacu pada data yang diperoleh, media yang akan dibuat dalam perancangan ini berupa buku dan permainan puzzle yang lebih efektif, colorful dan interaktif dengan dukungan ilustrasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Grafis 
 Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id