PEMANFAATAN CONTENT DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA ANTISIPASI PENURUNAN BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi 2 tahun lalu mengakibatkan penurunan bisnis yang signifikan pada usaha-usaha masyarakat. Sebagai upaya mengatasi penurunan bisnis tersebut, beberapa UMKM mulai merambah pemasaran produk secara digital. Hal ini juga dilakukan oleh UMKM Kripik Balado Henny yang melakukan pemasaran produk menggunakan media social untuk memperkenalkan produk ke masyarakat luas. Namun keterbatasan pengetahuan, mengakibatkan produk tidak tersampaikan secara informatif dan tepat sasaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan analisis Content Digital Marketing sebagai strategi pemasaran produk yang tepat. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pasar menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Literatur Review untuk mengetahui target dan kebutuhan konsumen. Diperoleh 50 Responden pengguna media social dengan rentang umur 17 – 45 tahun yang membutuhkan informasi produk menggunakan konten digital. Selanjutnya dilakukan Content Digital berupa Branding Product sebagai bentuk promosi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Berdasarkan hasil Content Digital Marketing terhadap produk Kripik Balado Henny, diperoleh 46% konsumen sangat tertarik, 39% konsumen tertarik dan 15% konsumen tidak tertarik terhadap produk yang telah dipromosikan secara digital tersebut pada media social. Maka penggunaan Content Digital Marketing pada produk dapat meningkatkan minat beli konsumen, sehingga dapat mengatasi penurunan bisnis pasca Covid-19.
Kata kunci : Content Digital Marketing, UMKM, Bisnis, Produk, Media Social
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, D., Heryanti, L., and Pramesti, D., (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640–2651, E-ISSN : 2614-5758.
Fadillah, S.N. and Setyorini, R., (2021). Analisis Implementasi Strategi Content Marketing Dalam Menciptakan Customer Engagement Di Media Sosial Instagram Wakaf Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Menara Ilmu, 15(2), 100–116, E-ISSN : 2528-7613.
Hamzah, R.E., and Putri, C.E., (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12–20, E-ISSN : 2798-057X.
Lindawati, S., and Hendri, M., (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar nasional APTIKOM, 1(1), 833–837.
Maryanti, S., Netrawati, I.G.A.O., Nuada, I.W. and Bagus, I.G.P., (2021). Meningkatkan Produktivitas Masyarakat Akibat Dampak Pandemi COVID-19 Melalui Penyaluran Bantuan Berupa Bibit Itik Kepada Pengusaha Pemula Di Desa Darek. Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(2), 21–28, E-ISSN : 2685-5534.
Mujayana, M., and Santoso, R., (2022). Media Komunikasi Pemasaran Digital Marketing Produk UMKM Selama Masa Pandemi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7(1), 17–30, E-ISSN : 2528-0929.
Nastain, M., (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). Jurnal CHANNEL, 5(1), 14–26, E-ISSN : 2338-9176.
Pandrianto, N., and Sukendro, G.G., (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167–176, E-ISSN : 2528-2727.
Santika, Z.D., and Maulana, M.A., (2020). Penurunan Pendapatan UMKM Akibat Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara, 1(1), 150–159, ISBN : 978-623-94619-5-9.
Saraswati, D.A. and Hastari, C., (2020). Strategi Digital Content Marketing Pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.com Dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultural, 9(2), 114–128.
Veranita, M., Almamalik, L., and Ikhsan, S., (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96, E-ISSN : 2615-4978.
Wahyuni, A.S. (2022). Literatur Review : Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126, E-ISSN : 2621-9166
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v5i1.101
Refbacks
- There are currently no refbacks.