MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Abstrak
Manajemen dapat dikatakan sebuah kegiatan yang sistematik karena harus melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan peraturan-peraturan yang diterapkan oleh aturan tersebut. Manajemen mutu terpadu sebagai semua aktivitas dari fungsi manajemen serta keseluruhan yang menentukan kebijkan kualitas, tujuan-tujuan dan tanggung jawab, serta mengimplementasikannya dengan melalui alat-alat seperti perencanaan (quality planing), Pengendalian Kualitas (quality control), dan Peningkatan Kualitas (quality improvment). Permasalahan di lapangan masih banyak lembaga PAUD yang gagal dalam mengimplementasikan manajemen mutu terpadu dimana langkah-langkah seperti quality planing, quality cotrol dan quality imporvment belum banyak dioptimalkan dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana dampak implementasi manajemen mutu di lembaga pendidikan anak usia dini. Penetitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan analisis deskriptif. Temuan pada penelitian ini, manajemen mutu terpadu sagat mempwngaruhi kualitas lembaga pendidikan.
Kata kunci : Field Research, Manajemen Mutu, PAUDFull Text:
PDFReferences
Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah: dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm. 57.
Isjoni. 2009. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta
Mentri Pendidikan Nasional. (2014). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.137. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.
Mentri Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional.
Mulya, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E, Manajemen PAUD, Remaja Rosdakarya ; Bandung, 2014.
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muslih, A. (2018). Jurnal : Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini. literasi Al Athfal, Vol. 1, No. 1, Januari-Juni, 2018.
Nova Ardy (2015). Wiyani,Mengelola dan Mengembangan Kecerdesan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini ; Paduan Baik Orangtua dan Pendidik PAUD, (Yogyakarta ; Ar-RuzzMedia, 2014) hlm.
Sallis, E. 2002. Total Quality Management in Education. London: Kogan Page Ltd. H.27.
Sari, M.N. (2017). Jurnal : Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di PAUD PGTK IT Harapan Mulia. literasi Volume VIII, No. 2 2017.
Suderadjat, Hari, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KBK, Bandung : Cipta Lekas Garafika, 2005.
Rohmat. (2017). Jurnal : Manajemen pendidikan anak usia dini. literasi YIN YANG. Vol. 12 No. 2 2017.
Usman, Husaini, Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
Wiyani, Novan Ardy. (2018). “Konsep Manajemen Paud Berdaya Saing.” aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (01): 25–44.
Wiyani, Novan Ardy. (2015). “Manajemen Paud Bermutu.” Yogyaakarta : Gava Media.
Yoyon Bakhtiar Irianto, Pembngunan Manusia daan Pembaharuan Pendidikan (Bandung ; Lab. Adminsitrasi Pendidikan UPI , 2006) hlm. 59
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v5i1.104
Refbacks
- There are currently no refbacks.