PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOSERBA FAJAR LURAGUNG
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat penting khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang jasa. Pelayanan yang bertaraf tinggi akan menghasilkan kepuasan yang tinggi serta pembelian ulang yang lebih sering.Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu harapan dan kinerja yang dirasakan pelanggan.Pelayanan yang baik akan membuat kita sebagai pelanggan senang dan akan kembali mengunjunginya lain kali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toserba Fajar Luragung. Pengambilan data menggunakan kuesioner, dengan metode teknik sampling, pengambilan sampel sebanyak 57 orang pelanggan Toserba Fajar Luragung. Data-data lain yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menganalisis dua variabel dimana variabel tersebut adalah variabel dependen yang merupakan kepuasan pelanggan serta variabel independen yang merupakan kualitas pelayanan.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhanadiperoleh data mengenai koefisien korelasi dari kedua variabel tersebut 0,798. Jumlah tersebut menunjukan bahwa korelasi antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan adalah cukup kuat
Kata kunci:Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
Arief, (2006).Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra, (2005).Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy Tjiptono, (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.
Kotler, Armtrong. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Ed. 12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, (2002). Manajemen Pemasaran 1. Edisi Milenium, PT. Prenhallindo, Jakarta
Kotler, Philip & Keller, k.L, (2007).Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Penerbit PT. Indeks: Jakarta.
Manson, Robert D dan Douglas A Lind, Widyono Soetjipto (Ed), (1999). Teknik Statistik untuk bisnis dan ekonomi edisi 9 jilid dua. Jakarta: Erlangga.
Yamit, Zulian, (2005). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ed. 1, Cet. 4. Yogyakarta: Ekonomi Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
Parasuraman, A,V.A.Zeithami and L.L. Berry. 1988. “ A Multiple- Item Scalefor Measuring Consumer Consumer Perceptions of Service Quality, ”Journal of Retailing.
Widjaja, Yani Restiani dan Irpan Nugraha.(2016). Loyalitas Merek Sebagai Dampak Dari Kepuasan Konsumen. IKONOMIKA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol.I, No.1:2527-5143
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v1i1.11
Refbacks
- There are currently no refbacks.