PENGELOLAAN KEADILAN DISTRIBUTIF TERHADAP CUSTOMER AFFECTION MITRA GRAB KARESIDENAN BANYUMAS

Isti Riana Dewi

Abstract


Perusahaan transpostasi online cenderung mengalami banyak keluhan atas pelayanan yang diberikan. Salah satunya adalah Grab. Perusahaan Grab didorong untuk selalu menyediakan pelayanan yang baik sehingga mampu tercapai rasa memiliki oleh mitra terhadap perusahaan. Rasa memiliki atau disebut dengan customer affection yang erat akan berdampak bagi produktivitas perusahaan. Keluhan yang terjadi merupakan bentuk dari service failure. Service failure dapat diminimalisir dengan tindakan service recovey yang baik seperti keadilan distributif. Jika dilihat dari data komplain mitra Grab yang didapatkan dengan wawancara petugas Grab wilayah Karesidenan Banyumas cenderung mengalami fluktuatif setiap bulannya. Namun dengan banyaknya mitra yang melakukan komplain, peminat baru tetap meningkat. Tujuan ditulisnya artikel ini untuk mengetahui pengaruh keadilan distributif terhadap customer affection. Penelitian ini mengambil 204 responden mitra Grab. Instrumen yang digunakan responden berupa kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan alat analisis AMOS. Hasil menunjukan bahwa keadilan distributif berpengaruh positif terhadap customer affection mitra Grab.

 

Kata Kunci: keadilan distributif, customer affection


Full Text:

PDF

References


Ah-Keng Kau & Elizabeth Wan-Yiun Loh. (2006). The Effects of Service Recovery on Consumer Satisfaction: a comparison between complainants and noncomplainants. Vol.20, hlm. 101-111.

Andreassen, TW. (1999). What Drives Customer Loyalty with Complaint Resolution?. Journal of Service Research, Vol 1, No 4.

Boemjoon, Choi dan Choi Beom Jin. (2014). The Effect of Perceived service recovery justice on customer affection, Loyalty, and Word of Word of Mouth. Emerald Insight: European Journal of Marketing. Vol 48 No 1/2.

Daskin dan Kasim. (2016). Exploring The Impact Of Service Recovery On Customer Affection, Perceived Value, And Sabotaging Behaviour: Does Gender Make A Difference?.

Prasongsukarn, Kriengsin dan Paul G. Patterson. (2012). An extended service recovery model: the moderating impact of temporal sequence of events. Journal of Services Marketing,. Vol. 26 Issue: 7, pp.510-520.

Loan, Nguyen T. Q. dan Ngo Q. Hung. (2018). Factors Affecting Satisfaction and Reuse Intention of Customers using Online Motorbike Service. Journal of Science Ho Chi Minh City Open University Vol. 8. No. 3, Hal 25-38.

Pizzutti, Cristiane dan Kenny Basso. (2012). Do ongoing relationships buffer the effects of service recovery on customers’ trust and loyalty?. Emerald Group Publishing Limited: International Journal of Bank Marketing. Vol. 30. No. 3, Hal. 168-192.

Rio-Lanza. (2013). Satisfaction with service recovery: Perceived justice and emotional responses. Journal of Business Research, 62, Hal. 775–781.

Vahedi, Elham et al. (2014). Assessing the Role of Brand Personality on Trust, Affection, Loyalty, and Customer Satisfaction in Governmental Organization: ( Case of Study: Maskan Bank). Research Journal of Recent Sciences. ISSN 2277-2502. Vol.3, Hal 130-138.

Wijaithammarit, Songsak dan Teera Taechamaneestit. (2012). The Impact of Customer Experience Management on Customer Loyalty of Supercenter's Shopper in Thailand. International Journal of e-education, e-Business, e-Management and and e-learning. Vol.2, No 6.

Barnes, James G, (2012). Secreat of Customer Relationship Management. (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan), Terjemahan Haerudin. Edisi 1. Andi Yogyakarta.

Buttle, Francis. (2007). Customer Relationship Management, terjemahan Arief Subianto. Bayumedia Publishing.

Hirschman, A. O.(1973). The Strategy of Economics Development, Vol. 10. University of Texas: Yale University Press.

Hoffman & Bateson. (2011). Service Marketing, International. Edition 4e. Colorado State University : Cengage Learning.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing. 12th Edition. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, Andi: Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v2i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org