PENGARUH KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN TRANSAKASI MENGGUNAKAN E-COMMERCE DENGAN NIAT TRANSAKSI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan transaksi melalui e-commerce. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah melakukan transaksi melalui situs e-commerce. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model pengukuran (Outer Model) dan model struktural (Inner Model) dengan aplikasi Partial Least Square (PLS). Program PLS yang digunakan adalah SmartPLS versi 3.02.8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan bepengaruh positif terhadap niat transaksi dan niat transaksi berpengaruh terhadap keputusan transaksi melalui e-commerce. Niat transaksi terbukti menjadi variabel mediasi yang memediasi kepercayaan terhadap keputusan transaksi.
Kata kunci: kepercayaan, niat membeli, transakasi e-commerce
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, & Fishbein, M. (1980). Understanding Attitudes And Predicting Sosial Behavior. Englewood Cliffs. Nj: Prentice-Hall.
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh kepercayaan dan risiko pada minat beli belanja online. Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14, 2.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep,Teknik Dan Aplikasi Mengunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.). Universitas Diponegoro Semarang.
Guo, Y., Bao, Y., Barnes, S., & Le-Nguyen, K. (2017). To sell or not to sell : exploring sellers ’ trust and risk of chargeback fraud in cross- border electronic commerce. Accepted by Information System Journal, March, 1–45.
Kim, S., & Park, H. (2013). Effects of various characteristics of social commerce (s-commerce) on consumers’ trust and trust performance. International Journal of Information Management, 33(2), 318–332. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2012.11.006
Koufaris, M., & Hampton-Sosa, W. (2004). The development of initial trust in an online company by new customers. Information and Management, 41(3), 377–397. https://doi.org/10.1016/j.im.2003.08.004
Meutia, S. D., & Meldi, T. K. (2017). Dan kepercayaan terhadap niat pembelian konsumen di portal e-commerce. Jurnal Iilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 202–223.
Nurlinda, R. (2018). Model purchase intention sebagai intervening variable dari kepercayaan , kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di online shop. Forum Ilmiah, 15, 36–47.
Putra, D. J. ., & Adhi, M. N. (2013). Pengaruh trust dan perceived of risk terhadap niat untuk bertransaksi menggunakan e-commerce. Jurnal Nominal, II(3), 11–35.
Reza, A., & Kholis, N. (2018). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan presepsi risiko terhadap keputusan pembelian jasa gojek di kota Semarang yang dimediasi minat beli sebagai variabel intervening. Ekobis, 19(2), 203–213.
Schiffman, & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen (Dua (ed.)). PT Indeks Gramedia.
Yunita, R. D., Yulianeu, Tri, A. H., & Gagah, E. (2016). Pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada pengguna situs jual beli Bukalapak.com). Journal Ilmiah, 1, 1–7.
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v2i2.20
Refbacks
- There are currently no refbacks.