PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA TOKO ROSE FLORIST BANDAR LAMPUNG
Abstract
This research aims to determine the influence of service quality and social media on sales turnover at the Rose Florist Shop in Bandar Lampung. The type of data in this research uses quantitative research. To determine the research sample, we used a probability sampling technique with the Slovin formula because the population was above 100 and obtained a result of 96.38 which was then rounded up to 96 respondents. The analysis techniques used are validity testing, reliability testing, classical assumption testing, and hypothesis testing. From the results of research that has been carried out, service quality and social media have a joint and significant influence on sales turnover at the Rose Florist shop in Bandar Lampung. Service quality and social media have an influence of 68.3% on sales turnover, and 31.7% is influenced by other factors not examined in this research.
Key words:
Service Quality, Social Media, Sales Turnover, Rose Florist, Lampung City
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Andriyani, Evyanto. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Vizta Alpha Prakarsa Batam, Universitas Putera Batam.
Augustina, Abednego. (2022). Pengaruh Media Sosial dalam Pengambilan Keputusan Konsumen Produk Baju Olahraga Sepeda di Bandung, Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen.
Bakti, Hairudin, MS Alie. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga terhadap Minat Beli pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung, Jurnal Ekonomi.
Endaryono, Ariwibowo. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan: Studi Kasus pada PT Granitoguna BC, RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal.
Ghozali. (2018). Aplikasi Multivariete dengan Program IBM SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Guswaman, Haryadi, Sutrisna. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Karakteristik Sosiodemografi terhadap Minat Kunjungan Ulang yang Dimoderasi oleh Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA).
Idrus. (2021). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian, Malang: Media Nusa Creative.
Ismail, yusuf. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandung, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi).
Maksudi dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Omzet Penjualan Produk Pakaian pada UMKM Inoy Daily Wear di Tasikmalaya, Jurnal STEI Ekonomi (JEMI).
Mu’ah, Masram. (2021). Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan, Surabaya: Zifatama Publisher.
Nurbaidah, Bakti, Isabella. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian pada Lampung Banana Foster, Jurnal Enterpreneur dan Bisnis.
Oktaria, Hairudin, Setiawan. (2023). Promosi dan Kualitas Pelayanan dalam Meningkatkan Jumlah Penerimaan Siswa pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Language Exchange (LE). Kota Bandar Lampung.
Pancaningsih, dkk, Pengaruh Media Sosial terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store di Sukoharjo, 2022.
Patmala, Fatihah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama, JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi).
Rahayu, Mak’ibah, Sanjaya, Metri. (2022). Pengaruh Viral Marketing Melalui Aplikasi Instagram Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Enterpreneur dan Bisnis.
Riki dkk. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peranana Sebagai Sarana Komunikasi dan Promosi Produk, JURNAL CAPETARIA.
Riski dkk. (2020). Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan Melalui Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Tempat Usaha Pada Warung Brodin, SENMEA.
Sita, Hairudin, Bakti, Oktaviani. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli pada Mister Geprek 3 Bandar Lampung, Jurnal Enterpreneur dan Bisnis.
Sudarmayasa. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi, Gorontalo: Ideas Publishing.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Faridah, Amirul. (2023). Pengaruh Media Sosial dalam Meningkatkan Omzet Penjualan pada UMKM Dapur Julie Depok, Universitas Dharmawangsa.
Tambunan, Sinaga. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Omzet Penjualan Pada CV Graha Mineral Arsi Sibolga, Jurnal Akrab Juara.
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v7i01.373
Refbacks
- There are currently no refbacks.