APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN GAJI KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : UD. MONAS BAKERY)

Siti Harum Sari, Chandra Lukita, Agus Sevtiana

Abstract


UD. Monas Bakery adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi roti tawar. Penentuan kenaikan gaji masih dilakukan secara subjektif seperti keputusan berdasarkan kekerabatan dan belum didasarkan pada kebijakan yang berlaku umum yang berlaku berdasarkan peraturan pemerintah.hal ini menyebabkan sering terjadi kesalahan dalam prosesnya, untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengambil keputusan. Penilaian dilakukan dengan menggunakan sistem pendukung keputusan kenaikan gaji karyawan menggunakan metode Simple Additive Weighting, dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini ada beberapa tahap yang dilakukan diantaranya yaitu : pengumpulan data, menentukan kriteria, menentukan bobot tiap kriteria, menghitung proses rating kecocokan, menghitung proses normalisasi, dan menghitung rekapitulasi kenaikan gaji karyawan. Dalam perancangan sistem pendukung keputusan kenaikan gaji karyawan menggunakan metode Simple Additive Weighting ini dibangun dengan menggunakan alat bantu seperti Flowchart, Flowmap, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, dan bahasa pemograman php dan Mysql. Hasil implementasi sistem pendukung keputusan kenaikan gaji karyawan dengan metode Simple Additive Weighting ini menunjukan bahwa proses perhitungan kenaikan gaji karyawan ini lebih cepat dan tepat dibandingkan sebelum adanya aplikasi sistem pendukung keputusan kenaikan gaji karyawan.

 

Kata kunci: Sistem, Keputusan, Gaji, Karyawan, Simple Addictive Weight

Full Text:

PDF

References


Ibisa. (2010). Evaluasi Paket Sistem Aplikasi : Sistem Evaluasi dan Auditing Sistem Aplikasi bagi Perusahaan. Yogyakarta: Andi Offset.

C. Lukita, C. Nas and W. Ilham, (2019) " Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan MOORA" Jurnal Nasional TEKNOSI, vol. 5, pp. 130-137, 2019, ISSN 2476-8812.

C. Nas, S. Defit and J. Santoni, (2018) "Evaluasi Mutasi Jabatan Anggota Kepolisian Menggunakan Metode Profile Matching dan Multi Attribute Utility Theory" Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 16, pp. 30-36, 2018, ISSN 1693-2390.

Sari, F. (2017). Metode dalam Pengambilan Keputusan . Yogyakarta: Deepublish.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 2013 Tentang Upah Minimum (“ Pemenaker 7/2013”).

Yustinus Prastowo, d. A. (2011). Buku Pintar Menghitung Pajak Profesi, Badan Usaha dan Peristiwa Khusus. Raih Asa Sukses. Depok: Penebar Swadaya Grup.




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v1i1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org