PERANCANGAN ARSITEKTUR KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN KONSULTAN TEKNOLOGI INFORMASI: STUDI KASUS PT. QOLSA SMARTSYST

Muhammad Afif Sulhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan awal knowledge management system di PT.Qolsa Smartsyst yang bergerak di bidang jasa dan penjualan produk teknologi informasi. Penelitian menggunakan 10 step KM roadmap dari tiwana. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis KM yang sudah berjalan, infrastruktur yang sudah dimiliki, potensi-potensi pengetahuan yang dapat di kelola, kemudian membuat rancangan berdasarkan data-data yang diperoleh. Penciptaan pengetahuan dilakukan dengan menerima masukan berbagai informasi atau file dari pengguna serta menerima masukan komentar dari pengguna lain. Pemanfaatan, penyimpanan, dan perbaikan pengetahuan terjadi pada saat interaksi pengguna dengan sistem. Penghapusan, kontrol pengetahuan yang kurang bermanfaat dilakukan oleh administrator KMS melalui halaman website khusus administrator.Penelitian ini menghasilkan rancangan awal yang masih perlu di buat lebih detil untuk siap digunakan sebagai panduan implementasi. Masukan atau feedback setelah implemetasi akan dibutuhkan untuk memperbaiki dan menyelaraskan kembali rancangan ini agar lebih sesuai dengan kondisi lapangan..

 

Kata kunci:arsitektur, knowledge management


Full Text:

PDF

References


Alavi dan Leidner. 1999. Knowledge Based, information system management. Bellinger, G , Castro, D and Mills, A. 2004. Data, Information, Knowledge and Wisdom. http://www.systems – thinking.org/dikw/dikw.htm. Diakses tanggal 14 desember 2014.

Bukowitz, W & Williams, R. 2000. The knowledge management Fieldbook. London: Prentice Hall.

Davidson, C and Voss, P. 2002. Knowledge Management. Auckland:Tandem Press.

Fakhrurroja, H. 2010. Desain Arsitektur Knowledge Management System Layanan Jasa Kalibrasi di UPT BPI LIPI Dengan Menggunakan Soft System Methodology. Jurnal Teknologi Indonesia.

IMB Developerworks. 2012. UML basics: An introduction to the Unified Modeling Language. www.ibm.com. Diakses tgl 10 maret 2015.

Keelan, E. 2003. Knowledge Management.School of Computing. Dublin institute of technology.

Kurniawati, S. 2012. Model Penerapan Knowledge Management Pada BUMN Penyelenggaraan Bisnis Jasa Telekomunikasi.

Meyer, M & Zack, M. 1996. The design and implementation of information products. Sloan Management Review.

Malhotra, A dan Majchrzak, A. 2004. Enabling Knowledge Creation in far-flung teams: Best Practice for IT Support and Knowledge Sharing. Journal of knowledge managemen.

Nonaka, I & Takeuchi, H. 1995. The knowledge-creating company. New York: Oxford University.

Quink, U. 2008. An Exploration of Knowledge Management and Intellectual Capital in a Nonprofit Organization Context.

Randy, A, dkk. 2013. Pengembangan dan Penerapan Manajemen Pengetahuan sebagai Strategi Pendukung Kegiatan Medis Non-bedah (Studi kasus Klinik Petukangan Medical Center). Jurnal teknik industri.

Robertson, J. 2003. Metrics for knowledge management and content management, February-2003. http://www.steptwo.com.au/papers/kmc_metrics/index.html. Diakses tanggal 2 maret 2015.

Rosenberg, D and Csott, K. 2001. Applying Use Case Driven Object Modelling with UML. An Annotated e-Commerce Example.

Shannak R.O, Masa'deh R.M, dkk. 2012. Knowledge Management Strategy Building: Literature Review. European scientific journal. July edition vol.8, no.15. 2012.

Tiwana, A. 2002. The Knowledge Management Toolkit. Prentice Hall.

Turban, E. and Aronson, J.E. 2001. Decision Support Systems, Sixth Edition, Prentice-Hall Inc.

Tutorialspoint. 2014. A quick UML reference guide for UML Engineers. www.tutorialspoint.com/uml/. Diakses tanggal 9 maret 2015.




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org