PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI ULANG (REBUYING) PADA TOKO KUE YOSIN DI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON

Amroni Amroni, Dewi Maharani Purbasari, Nurul Aini

Abstract


Semakin maraknya persaingan dalam dunia bisnis baik dipasar domestik maupun dipasar nasional, mengakibatkan perusahaan berlomba-lomba dalam menciptakan produk atau jasa yang dapat membeli selera para konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang (rebuying). Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner tentang kepuasan konsumen kepada 100 responden. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh Angka R sebesar 0,583 (a) bahwa korelasi antara kepuasan konsumen dengan minat beli ulang (Rebuying) termasuk dalam kategori kuat besarnya R Square atau koefisien determinasi adalah 0,340. Angka tersebut menunjukan besarnya pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat beli ulang (Rebuying) adalah 34,0%. Nilai signifikansi variabel kepuasan konsumen ssebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung> t tabel yaitu 7.102 > 1.984, yang berarti secara signifikan variabel kepuasan konsumen berpengaruh terhadap variabel minat beli ulang (rebuying). Hasil penelitian ini diharapkan memberikan masukan dan kontribusi kepada toko kue Yosin, dalam hal ini sangat perlu dan penting untuk selalu memuaskan konsumennya.

Kata kunci: Kepuasan,Konsumen, Rebuying, Produk


Full Text:

PDF

References


Chan, et al (2003) “Consumer satisfaction Inde: New practice and flindings”. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Cobb-Walgren, Ruble, dan Donthu (1995) “Brand Equity,Brand Preference, and Purchase Intent”. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Day (1984) ”Modeling choices among alternative responses to dissatisfaction”. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Damiati, Luh Masdarini, dkk (2017) “Perilaku Konsumen”. PT Raja Grafindo Persada. Depok.

Hawkins, Best, dkk (1990) “Consumer Behavior: Building marketing Strategy”. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Saladin Djaslim (2003) “Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur pemasaran” CV Linda Karya. Bandung.

Tri Ratnasari Ririn & Mastuti (2011) “Manajemen pemasaran Jasa” Ghalia Indonesia. Bogor.

Heryana Rianni (2016). “Skripsi Kepuasan Pelanggan terhadap minat beli ulang pelanggan salon John Van Tien Bogor”. Tidak diterbitkan. Institut Pertanian Bogor.

Vista Monica C.S.S (2018) “Skripsi Pengaruh Kepuasan dan kepercayaan terhadap minat beli ulang konsumen studi kasus pada Legend Coffe Yogyakarta”. Tidak diterbitkan. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Andreas putri Intan Vesakha (2014) “Pengaruh kepuasan Konsumen terhadap minat beli ulang (Rebuying) Pada bisnis online di Kota Cirebon (Studi kasus pada Lionly shop)”. Tidak diterbitkan. Akademi Perdagangan Catur insan cendekia.

Https://cirebonkab.bps.go.id di akses tanggal 13 maret 2019.




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org