PENGEMBANGAN MEDIA FILM ANIMASI DUA DIMENSI “ABU-ABU” PADA ASPEK PROSES BELAJAR DAN KARIER

Kevin Ramadhan Karidjan, Prasetyo Wibowo Yunanto, Z.E. Ferdi Fauzan Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat media film animasi dua dimensi tentang masalah remaja khususnya pada aspek proses belajar dan karier yang mudah dipahami oleh siswa-siswi yang menggunakannya. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan XI di SMPIT AlHalimiyah. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan MDLC. Langkah-langkah yang terdapat dalam model pengembangan MDLC terdiri dari 6 langkah, yaitu: (1) Konsep (2) Desain (3) Pengumpulan Materi (4) Penyusunan (5) Pengujian (6), Distribusi. Berdasarkan data yang diambil terhadap responden (siswa) berupa skala sikap, didapatkan hasil untuk nilai kelayakan media menurut responden adalah 76%. Sedangkan untuk tes formatif efektivitas film, hasil yang diperoleh adalah 85%. Dari hasil pengujian terhadap siswa yang diperoleh secara keseluruhan, materi dan media tentang masalah remaja berbasis film animasi dapat dikategorikan “baik”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/