PENGEMBANGAN MEDIA FILM ANIMASI DUA DIMENSI “ABU-ABU” PADA ASPEK PROSES BELAJAR DAN KARIER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media film animasi dua dimensi tentang masalah remaja khususnya pada aspek proses belajar dan karier yang mudah dipahami oleh siswa-siswi yang menggunakannya. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan XI di SMPIT AlHalimiyah. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan MDLC. Langkah-langkah yang terdapat dalam model pengembangan MDLC terdiri dari 6 langkah, yaitu: (1) Konsep (2) Desain (3) Pengumpulan Materi (4) Penyusunan (5) Pengujian (6), Distribusi. Berdasarkan data yang diambil terhadap responden (siswa) berupa skala sikap, didapatkan hasil untuk nilai kelayakan media menurut responden adalah 76%. Sedangkan untuk tes formatif efektivitas film, hasil yang diperoleh adalah 85%. Dari hasil pengujian terhadap siswa yang diperoleh secara keseluruhan, materi dan media tentang masalah remaja berbasis film animasi dapat dikategorikan “baik”
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.