PERANCANGAN BUKU POP-UP YOK NGENALI 7 JAJANAN KHAS CERBON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MULOK BAHASA CIREBON
Abstract
Kota Cirebon memiliki banyak jajanan yaitu seperti tahu gejrot, serabi, es cuwing, apem dan lainnya. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner anak-anak SDN Kramat 2 kelas 4-6 hanya 33% yang mengenal jajanan khas Cirebon dan dalam wawancara dengan Walikelas SDN Kramat 2 bahwa untuk pembelajaran tentang jajanan khas Cirebon yaitu hanya menggunakan Buku Mulok Bahasa Cirebon, tetapi dalam buku tersebut hanya menjelaskan dua jajanan seperti Tahu Gejrot dan Koci. Padahal mengenalkan budaya melalui jajanan khas Cirebon sejak dini merupakan langkah untuk melestarikan budaya. Dalam perancangan ini penulis membuat buku Pop-Up yang bertujuan untuk media pembelajaran Mulok (Muatan Lokal) Bahasa Cirebon kelas 4-6 SD. Perancangan dimulai dari tahapan pengumpulan data, penjaringan ide, dan implementasi desain. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Perancangan ini menggunakan metode Research and Development dengan pendekatan model ADDIE (Chaeruman, 2008) dan 5W+1H. Hasil perancangan ini yaitu buku Pop-Up yang berisi 7 jajanan khas Cirebon dengan ilustrasi Tahu Gejrot, Apem, Gapit, Klepon, Srabi, Es Cuwing dan Koci dengan menggunakan teknik-teknik Pop-Up dan penjelasan singkat menggunakan bahasa Cirebon, selain itu pada buku ini juga menampilkan kuis pilihan ganda tentang jajanan khas Cirebon
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.