PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DIGITAL SMK CENDEKIA CIREBON SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN INFORMASI PPDB

Yuni Awalaturrohmah Solihah, Victor Asih, Dwi Asy Syafa’Atul Ulyah

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu jenjang pendidikan formal yang berada di tingkat menengah atas yang saat ini menjadi sebuah pilihan dalam dunia pendidikan sebagai sekolah lanjutan setelah tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sistem pembelajaran  yang diterapkan pada SMK mempersiapkan peserta didik terutama dalam keterampilan dan keahlian untuk bekerja di bidang tertentu. SMK Cendekia merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kota Cirebon dengan berbagai jurusan yaitu Ilmu Keperawatan, Farmasi, Analis Kesehatan, Teknik Kendaraan Ringan, dan Multimedia (Desain Grafis) dengan fasilitas yang memadai pada masing-masing jurusan. Untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas dan untuk dapat menarik calon siswa dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Cendekia melakukan promosi dengan membagikan brosur dan melakukan presentasi pada kegiatan kunjungan Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta melalui media promosi digital seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan website. Namun, dari langkah-langkah promosi yang telah dilakukan masih belum mencapai target jumlah siswa baru yang telah ditentukan. Pada perancangan ini penulis akan membuat perancangan strategi promosi yang berkaitan dengan strategi promosi yang telah dilakukan sebelumnya, dengan menggunakan metode perancangan Integrated Marketing Communication agar pesan yang disampaikan dalam promosi tetap terpadu Adapun strategi promosi yang akan dilakukan yaitu dengan membuat konten media sosial yang informatif dan persuasif untuk dapat menarik calon siswa untuk melakukan pendaftaran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Cendekia.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Belch, George E., dan Michael A. Belch. (2018). Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill Education.

Rachmadi, T., & Kom, S. (2020). The Power Of Digital Marketing (Vol. 1). Tiga Ebook.

Jurnal:

Nuraini, Safira., Rachmawati, Ine., Kusnadi. (2023). Perancangan media edukasi bahasa cirebon berbasis media cetak untuk kelas III Sekolah Dasar Studi Kasus: SDN 1 Kaligawe Wetan Kabupaten Cirebon, 1(2), 24. Jurnal Grafis

Puspitarini, Dinda., Nuraeni, Reni. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi, 3(1), 75. Jurnal Common

Ramdhani dkk. (2023). Perancangan Desain Kemasan Keripik Singkong Dua Saudara, 1(2), 21. JPUCIC

Rosmaniar. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Surabaya, 16(1), 23. Kinerja

Susanto dkk. (2020). Pemanfaatan Media Online sebagai Sarana Promosi yang Efektif di SMK Nusa Bhakti Depok, 1(3), 2. Kangmas

Web:

campus.quipper.com. “Tidak ada tahun”. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Diakses pada 05 April 2023 dari https://campus.quipper.com/kampuspedia/sekolah-menengah-kejuruan-smk

https://www.desainku.info/. 15 Januari 2019. Desain Layout Iklan Yang Bagus Dan Efektif. Diakses pada tanggal 28 Juni 2023 dari https://www.desainku.info/2019/01/desain-layout-iklan-yang-bagus-dan.html

https://dataindonesia.id/. 10 Februari 2023. WhatsApp Masih Menjadi Media Sosial Terfavorit di Indonesia. Diakses pada tanggal 19 Mei 2023 dari https://dataindonesia.id/internet/detail/whatsapp-masih-menjadi-media-sosial-terfavorit-di-indonesia

https://thepreviewapp.com/. 12 Maret 2018. 9 Types of Instagram Grid Layouts (planner + tips). Diakses pada tanggal 25 Mei 2023 dari https://thepreviewapp.com/7-types-instagram-grid-layouts-planner-tips/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/