PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK BENDA LANGIT UNTUK TK AL-IKHLAS PERBUTULAN

Ine Rachmawati, Viar Dwi Kartika, Nia Aghniyatul Ilmi

Abstract


Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki karakteristik sesuai dengan tahapan usianya. Salah satu TK yang terdapat di Kabupaten Cirebon yaitu TK Al-Ikhlas Perbutulan. Institusi ini baru  menerapkan pembelajaran kurikulum merdeka pada awal tahun 2023, setelah melakukan wawancara dan observasi terdapat kurangnya media pembelajaran untuk tema “Imajinasiku” pada subtema “Benda Langit”. Pada media pembelajaran sebelumnya menggunakan media mengerjakan LKA (Lembar Kerja Anak) dan menonton dari youtube menggunakan proyektor akan tetapi persediaan proyektor hanya ada satu di TK Al-Ikhlas, bila hanya menonton saja peserta didik kurang berinteraksi langsung dengan pembelajaran yang diterangkan. Setelah melakukan angket kepada seluruh guru TK Al-Ikhlas maka dipilihlah media pembelajaran Busy Book yang diharapkan dapat membantu peserta didik lebih interaktif, lebih fokus, dan memancing daya berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan metode model ADDIE yang meliputi meliputi lima tahapan, yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data dimulai dari wawancara, observasi, angket dan kepustakaan. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka di rancanglah media pembelajaran Busy Book yang terbuat dari kain flannel dengan menyesuaikan capaian pembelajaran pada tingkat usia 5-6 tahun pada kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bartolemeus Samho, Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Tantangan dan Relevansi, (Jakarta: Penerbit Kanisius, 2013), h.82

Branch RM. Instructional design: The ADDIE approach. Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US; 2010. 1–203 p.

Darmaprawira W. A., Sulasmi. 2002. Wama: Teori dan Kreativitas Penggunaannya Ed. Ke-2. Bandung: ITB.

Dr. Anton, Komaini. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Heinic R., Molenda M.,Russel D J., Smadino E Sharon. 1982. lnstructional Media and Tecnologies for Learning. Englewood Cliffs, NewYersey: Prentice Hall.

Juliana, Sopi. 2017. Media Pembelajaran Busy book Yang Di Populerkan Oleh Tresita Diana, (Online).

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Miles, Kelly. (2019). Tanya Jawab Seru tentang Tata Surya. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

M. Fadlillah. dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, V, 146–155.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra endangmulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nurhamidah, Didah (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Pena Literasi.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413– 420.

Riafinola, Yani.2019. Membuat Busy book Sebagai Yuniarni, D. (2021). Pengembangan Busy Book Berbasis Neurosains dalam Rangka Pengenalan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 513-525.

Rustan, Surianto. 2008. Layout: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, N. 2007. “Anak Berbakat” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tegeh. I Made. & Kirna, I Made. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model.

Trianto. 2011. Desain Pengemvbangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, h.4

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Media Belajar Anak 1 Tahun, (Online).

Yudi Hari Rayanto & Sugianti. “Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek” Kota Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute: 2020.

Yuniarti, Y., & Sumarni, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Busy Book di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Karima. Eksistensi, 3(2).

Zaman, B., A. H. Hernawan, dan C. Eliyawati. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka, h.1.8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/