RANCANGAN VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN SISTEM TATA SURYA (STUDI KASUS: SDN KESAMBI DALAM 3)

Suhadi Parman, Rinaldi Adam, Iqbal Mubarok, Shafa Salsabila

Abstract


Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang bisa membuat pengguna dapat berinteraksi seakan – akan ada di dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. VR ini bisa dipakai untuk pembelajaran maupun hanya untuk kesenangan saja. Seakan berkembangnya media pembelajaran yang semakin interaktif, penulis mencoba mengangkat media untuk belajar sekaligus bermain bagi anak – anak yang tentunya sangat mudah tertarik dengan sesuatu hal yang unik seperti teknologi VR ini. Selain bisa mengenalkan teknologi zaman sekarang yang semakin canggih, penulis mencoba memanfaatkan kelebihan tersebut dan menerapkannya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Sistem Tata Surya yang mana susah untuk disampaikan secara langsung, karena hanya bisa dijelaskan lewat ilustrasi video dan gambar. Oleh karena itu penulis membuat sebuah aplikasi simulasi luar angkasa yang didalamnya tentunya terdapat planet – planet yang berada pada sistem tata surya, Tata surya merupakan sebuah orbit planet yang mengelilingi Matahari. Terdapat banyak sekali planet yang mengelilingi Matahari. Metode yang dipakai ialah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) berguna untuk menyusun atau mengembangkan sebuah sistem informasi yang berkaitan dengan multimedia, selain itu metode ini biasa digunakan untuk pembangunan dan pengembangan aplikasi multimedia maupun aplikasi mobile sekarang.

Full Text:

PDF

References


Pristiwanti. D., Badariah. B., Hidayat. S. & Dewi. R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal pendidikan dan konseling, 4(6), 7911-7915.

Anditiasari. N. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97-108.

Jamil. M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 99-113.

Juleon. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Videoscribe Sastra Indonesia Dengan Menggunakan Metode MDLC. Repository UIB. https://repository.uib.ac.id/1091/

Darojat. M. A., Ulfa. S. & Wedi. A. (2012). Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 91-99.

Abdulsalam, Sulthoni, Munzil. A. (2018). Media Virtual Reality Tata Surya untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(9), 1160-1167.

Tresnawati. D., Rahayu. S. & Yusuf. K. (2021). Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Algoritma, 18(1), 182-191.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/