ANALISIS SWOT PERANCANGAN BRAND DAN KEMASAN MAXIMEN SESUAI ATURAN BPOM

Taufiq - Annas

Abstract


 

Abstrak 

Brand merupakan elemen terpenting bagi sebuah produk agar bisa dikenali oleh audiens dan juga memiliki faktor pembeda diantara kompetitor yang ada. Tetapi di era sekarang, mendesain brand saja tidak cukup. Perlu memikirkan tentang perijinan produk yang mengikuti aturan yang ada. Dalam penelitian ini dijelaskan tahap tahap mendesain sebuah brand tetapi fokus utamanya adalah kepada proses mendesain nama yang bisa diterima oleh dirjen HKI dan juga mendesain kemasan sesuai aturan BPOM. Terdapat dokumentasi proses revisi desain yang mengikuti aturan BPOM dan juga tahap sebelum mendesain yaitu melakukan analisis SWOT dan Matriks SWOT. Hal ini perlu dilakukan agar desain yang dibuat dapat diterima perijinannya dan tujuan dari produk dibuat yaitu agar bisa mengikuti aturan untuk dapat diedarkan di masyarakat.

 

Kata Kunci: brand, nama produk, logo, kemasan, kemasan sesuai BPOM, analisis SWOT, Matriks SWOT

 

ABSTRACT

Brand is the most important element for a product so that it can be recognized by the audience and also has a differentiating factor among existing competitors. But in this era, designing a brand alone is not enough. You need to think about licensing products that follow existing regulations. In this research, the stages of designing a brand are explained, but the main focus is on the process of designing a name that can be accepted by the Director General of Intellectual Property Rights and also designing packaging according to BPOM regulations. There is documentation of the design revision process which follows BPOM rules and also the pre-design stage, namely carrying out a SWOT analysis and SWOT Matrix. This needs to be done so that the design created can be accepted for licensing and the purpose of the product is so that it can follow the rules so that it can be circulated in the market.

 

Keywords: brand, product name, logo, packaging, packaging according to BPOM, SWOT analysis, SWOT matrix

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/