PERANCANGAN BRAND GUIDELINE HARIAN UMUM FAJAR CIREBON

Hengki Ronaldi Saputra, Galih Mandala Putra, Linda Norhan

Abstract


Harian Umum Fajar Cirebon adalah surat kabar pagi yang terbit di Cirebon. Fajar Cirebon lahir 02 Mei 2012. Fajar Cirebon memiliki sirkulasi di kota Cirebon, Kab, Cirebon, kab. Indramayu, kab. Kuningan dan kab. Majalengka. Harian Umum Fajar Cirebon belum memiliki identitas yang konsisten dalam mempresentasikan brand nya ke khalayak luas. Harian Umum fajar Cirebon belum memiliki konsisten dari segi branding seperti penggunaan tipografi, logo, warna dan konsistensi dalam mempresentasikan mereknya pada media cetak maupun media digital. Brand Guideline merupakan salah satu yang efektif dalam membantu Harian Umum Fajar Cirebon untuk mempresentasikan brand nya kepada masyarakat. Brand Guideline ini mencakup seperti penggunaan logo, warna, tipografi, gaya komunikasi, dan elemen elemen lainnya yang berkaitan dengan brand tersebut. Metode yang digunakan adalah Designing Brand Identity Alina Wheeler 2009 yang kemudian hasil akhir ini berupa buku Brand Guideline, yang mana berupa Profil Perusahaan, Visi Misi Perusahaan, Komponen Logo, Pallet Warna, Tipografi, Stationary, Media Komunikasi, Follow Up Media, Sosial Media Style, dan Tagline. Diharapkan dengan hasil ini bisa memperkuat identitas Harian Umum Fajar Cirebon dan bisa mengkomunikasikan brand secara konsisten kepada masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Buku :

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity : an essential guide for the entire branding. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc,

Belch, George E., dan Michael A. Belch. (2018) Advertising & Promotion : An Integrateg Marketing Communications Perspective. New York. McGraw-Hill Education

Jurnal :

Mizanie, (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai strategi kehumasan di era revolusi industri 4.0. Jurnal komunikasi, 13(2), 149-164.

Purnamasari, I., et al (2023). Pengembangan Brand Guideline Merk Industri Susu Lokal. CARRADE. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 68-78.

Kusumadewi A., & Revinzky A., (2023). Penggunaan Design Thinking Untuk Perancangan Brand Guideline, Content Pillar, dan Content Calender. 1-18.

Natabuana, I., et al (2024). Perancangan Identitas Visual Pada Brand Bakery Bite Bali Di Jalan Sunset Road kuta, Bali. AMARASI. Jurnal Desain Komunikasi Visual 5(1), 48-59.

Wimajaya, B., et al (2023). Perancangan Brand Guideline Covita. AMARASI. Jurnal Desain Komunikasi Visual 4(2), 245-255.

Rizkizha, F., (2023). Perancangan Brand Guideline Klub Sepakbola PSIM Jogja Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Image Aksa Jurnal Komunikasi Visual 6(2), 927-943.

Internet :

Apridesain.id. “Apa Itu Tipografi” (2021). Diakses pada 2 Juni 2023 dari https://www.apridesain.id/blog/apa-itu-tipografi/

Kuswana R. 04 Mei 2023. Apa Itu Brand Guidelines? Pedoman Untuk Membangun Brand (alan.co.id)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/