PERANCANGAN MEDIA PROMOSI QIA TRANS UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Verra Dewi, Ine Rachmawati, Dzulfiqar Fickri Rosyid

Abstract


Qia Trans merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa yaitu persewaan mobil di Kota Cirebon yang didirikan pada tahun 2019 yang memberikan solusi transportasi meliputi persewaan mobil dan paket liburan maka dari itulah didirikannya Qia Trans dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan konsumen dalam segi transportasi. Promosi yang dilakukan Qia Trans selama ini hanya melalui Facebook, Whatsapp dan selebihnya hanya promosi dari mulut ke mulut, tetapi promosi yang dilakukan dirasa kurang karena kurangnya perhatian pada media sosial yang dipakai, sehingga promosi online akan kurang efektif dalam menarik perhatian pengguna. Sedangkan promosi dari Mulut ke mulut sering kali terbatas pada lingkaran sosial tertentu. Salah satu metode pemasaran yang sudah cukup familiar yaitu metode pemasaran terpadu atau bisa disebut Integrated Marketing Communication (IMC). Tujuan perancangan ini adalah untuk memperkuat brand image Qia Trans agar meningkatkan awareness masyarakat. Perancangan ini akan memanfaatkan media berbasis internet yang didukung media offline seperti promosi yang dilakukan di media sosial serta media cetak agar mencapai tujuan perancangan yaitu untuk merancang Integrated Marketing Communication (IMC) untuk meningkatkan brand awareness.


Full Text:

PDF

References


Internet :

Ambar. (2017, juni 8). pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli. Retrieved from pakarkomunikasi: https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial- menurut-para-ahli.

Subari, w. a. (2024, 4 19). Pengertian Warna, Makna, Jenis, dan Skemanya dalam Desain Grafis. Retrieved from Media indonesia: https://mediaindonesia.com/teknologi/524171/pengertian-warna-makna-jenis- dan-skemanya-dalam-desain-grafis

Buku :

Amri, S. N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing Communication) Rumah Aqiqah Jakarta dalam Meningkatkan jumlah konsumen.

Belch, G. E., & Belch, M. A. . (2003). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. The McGraw-Hill.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). In Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. mcgraw-hill.

Jurnal :

Durianto, D. &. (2001). Strategi menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Firmansyah, M. (2023). Pemasaran Produk dan Merek (Planning Strategy).

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi.

Perdana, P. H. (2018). pengertian brand. perancangan media promosi waroeng makan kalkoen sebagai upaya meningkatkan brand awareness, 25.

Perdana, P. H. (2018). Pengertian Media Promosi. 18.

Philip Kotler, G. A. (2001). Prinsip-Prinsip pemasaran jilid 2 (Damos sihombing, Alih bahasa). jakarta: penerbit erlangga.

Rizky, S. (2011). Konsep dasar rekayasa perangkat lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka. Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promos. Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/