PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME "KESAMBI MATHVENTURE" DI SDN KESAMBI DALAM I

Elma Nanda Maharani, Tiara Khodijah, Ine Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Pembelajaran interaktif berupa board game matematika “Perkalian” untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa kelas III di SD Kesambi Dalam 1, Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena kurangnya ketertarikan terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Untuk itu, dirancang sebuah board game interaktif yang tidak hanya menyajikan materi perkalian, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendidik. Implementasi media pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan board game ini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Dengan demikian, board game ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Buku :

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Jurnal :

Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3270-3278. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1331.

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. L. Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Kusumawati, L. D., Sugito, N., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan multimedia pembelajaran interaktif dalam memotivasi siswa belajar matematika [The feasibility of interactive learning multimedia in motivating students to learn mathematics]. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31-51. DOI: http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31-51.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital, 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang.

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 365-367.

utri, S. F., Daniar, A., & Rahman, A. (2024). Perancangan Desain Karakter Untuk Board Game Tentang Cerita Rakyat 'Legenda Putri Komodo Dan Darman & Darmin'. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1271-1278. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Faujiah, S., & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2588.

Titik Handayani (2012). Menyongsong Kebijakan Pendidikan Menengah Universal: Pembelajaran dari Implementasi Wajar Dikdas 9 Tahun. Jurnal Kependudukan Indonesia, 7(1), 39–43. https://doi.org/10.22146/jkli.278.

Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2023, February). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Era Revolusi Industri 4.0” (pp. 31-34). https://doi.org/1234567890.

Internet :

Ayocerdas.com. (n.d.). Bimbel Matematika Sd Sidoarjo | 0822-2822-2281. Retrieved from https://ayocerdas.com/.

Envato Tuts+. (n.d.). What Is Illustration? Retrieved from https://tutsplus.com/

Carleton College. (n.d.). Why Use Media to Enhance Teaching and Learning. Retrieved from https://www.carleton.edu/.

Radar Semarang. (n.d.). Penanaman Konsep Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar. Retrieved from https://www.jawapos.com/.

Detik.com. (n.d.). Gambar Ilustrasi: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya. Retrieved from https://www.detik.com/.

Stekom.ac.id. (n.d.). Apa itu ilustrasi digital dan untuk apa?|S1 Desain Komunikasi Visual S.Ds. Retrieved from https://stekom.ac.id/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/