PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KREMATORIUM SANTHA GRAHA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TERHADAP MASYARAKAT DI BALI

Ni Made Ayu Ratih Mileniasari, Unang Solihin, Kusnadi Kusnadi, Rinaldi Adam

Abstract


Di Bali, tradisi ngaben merupakan salah satu ritual yang sangat penting dalam kehidupan masyarakatnya, di mana prosesi pembakaran jenazah ini bertujuan untuk mengembalikan unsur-unsur alam dalam tubuh manusia ke alam. Proses ngaben membutuhkan pengabdian dan pengorbanan dari keluarga yang ditinggalkan, serta melibatkan banyak orang dan biaya yang besar. Krematorium Santha Graha, yang berdiri sejak 2020 di Tabanan, Bali, menawarkan alternatif ngaben dengan biaya lebih terjangkau tanpa mengurangi makna upacara tersebut. Meskipun biaya di Krematorium Santha Graha lebih murah, namun promosi yang dilakukan masih kurang efektif. Untuk meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak masyarakat, perlu dilakukan strategi promosi yang lebih informatif dan menarik melalui media sosial. Penulis memakai metode analisis Integrated Marketing Communications (IMC). Selanjutnya penulis melakukan perancangan konten untuk media sosial instagram berupa 3 feed yang mencakup jadwal hari baik ngaben, daftar biaya paket lengkap, dan dokumentasi prosesi ngaben,  lalu ada 2 E-poster berupa E-poster informatif dan persuasif, X-banner berupa penjelasan prosesi ngaben pada Krematorium Santha Graha, dan 1 Video Reels berupa dokumentasi tahapan prosesi ngaben dan berisi penjelasan pada setiap tahapannya. Dengan demikian, masyarakat Bali akan lebih mengenal dan memahami bahwa kremasi di Krematorium Santha Graha adalah pilihan yang lebih efisien dan ekonomis dibandingkan ngaben tradisional.

Full Text:

PDF

References


Ambarnuari, M. (2019). Upacara Ngaben Warga Panyuwungan di Desa Abianbase Kabupaten Gianyar. Jurnal Pangkaja, 22(2), 23-33.

Dewi, D. P., Kencana, E. N., Sukarsa, I. K. G. (2022). Penggunaan Krematorium Bagi Umat Hindu: Sebuah Identifikasi Kuantitatif. E-Jurnal Matematika, 11(4), 248-255.

Dianto, G., Thomas., Sherwin R.U.A., Sompie., Brave A., Sugiarso. (2018). Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan di Kepulauan Bunaken. E-Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 14-22.

Mahasutra, I. K. G. P. B., Ariputra, I. P. S. (2022). Efektivitas Ngaben Kremasi di Krematorium Bebalang Bangli. Jurnal Teologi, 13(2), 225-237.

Mujiati, D. W., Wibawa, B., Sylvia, C., Purnamadani, T. H. (2020). Instagram: Integrated Marketing Communication (IMC) Sebagai Strategi Penjualan Bagi Make Up Artis (MUA). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(1), 211-224.

Pitana, I. G. (2020). Modernisasi dan Transformasi Kembali ke Tradisi: Fenomena Ngaben di Krematorium bagi Masyarakat Hindu di Bali. Jurnal Kajian Bali, 10(2), 351-374.

Puspitarini, D. S., Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Putra, G. M., Asih, V., Kusnadi., Anggraeni, S. P. (2024). Perancangan Konten Digital SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Jurnal Grafis, 2(2), 88-98.

Rita., Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(1), 426-437.

Suryantini, D. K. L., Ariputra, I. P. S. (2022). Pergeseran Pelaksanaan Ngaben di Desa Pekraman Menuju Krematorium. Jurnal Penelitian Agama, 8(2), 127-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/